Cara Menangani Bau Bacan yang Retak

Batu Bacan Unik dan istimewa, Kata Bacan itu berasal dari nama sebuah pulau di Kabupaten Maluku Utara saat pertamakali Batu Bacan ini diperjual belikan khsusnya dikota Labuha. Sebenarnya Batu Bacan itu sendiri berasal dari pulau Kasiruta dari pulau inilah diketemukan dan ditambang. Pulau Kasiruta sendiri berada disebelah Barat Pulau Bacan.

Batu Bacan memiliki keunikan dan khas, yang tak dimiliki jenis batu manapun di dunia, Selain karakter kristal yang super batu Bacan juga seolah hidup atau ber-Metamorfosis. Sehingga banyak penggemar batu yang tertarik untuk memimiliki sekaligus memelihara dan merawatnya.

Terbayang tidak bila Batu Bacan kesayangan kita tiba-tiba retak karena berbagai hal. Batu Bacan retak halus atau retak rambut membuat Batu Bacan kesayangan menjadi berkurang nilainya dan tak lagi istimewa, bahkan bisa jadi membuat kita jadi galau karena memikirkan keretakan tersebut terus menerus.

Retak atau pecah halus pada batu Bacan dapat terjadi karena beberapa sebab sepele, seperti terjatuh kelantai keras, suhu panas biasanya menaruh batu cincin didasbord mobil saat matahari terik, bisa juga tertindih benda lain saat disimpan dan hal sepele lainnya yang kadang tidak pernah kita bayangkan bahwa  hal-hal tersebut dapat menyebabkan batu kesayangan kita akan mengalami Crack atau pecah.

Nah bagaimana cara mengatasi retak atau pecah halus pada batu Bacan kesayangan tersebut, berikut adalah trik sederhana yang sering dilakukan oleh para pecinta batu Bacan.
Inilah salah satu langkah untuk mengatasinya , Treatmen ini menggunakan tehnik rendaman minyak zaitun.

1.Siapkan wadah yang bisa tertutup rapat, (Saya menggunakan toples kaca bekas Selai)
2.Isi wadah dengan Minyak zaitun dan bijinya (jika ada biji)
3.Masukan batu Bacan yang retak

4.Rendam batu akik dengan minyak zaitun sampai menutupi seluruh bat.
5.Tutup dan simpan dan ingat jangan sering dibuka.
6.Lakukan rendaman +/- 2-3 bulan tergantung perkembangan.

Selamat mencoba, semoga berhasil dan sehingga Batu Bacan kesayangan yang retak dapat kembali normal seperti sediakala.