Batu Hematite Bukan Batu Kristal Biasa

Hematite merupakan batuan alami yang terdiri atas unsur oksigen dan besi yang terbentuk karena efek dari gravitasi bumi, maka senyawa mineral tersebut mengalami pemindahan hingga terendap pada cekungan-cekungan bumi seperti sungai. Ada pula yang mengatakan bahwa batuan ini berasal dari sublimasi endapan mineral tambahan pada suhu tinggi dalam gunung berapi yang kemudian ikut keluar pada saat letusan gunung berapi dan kemudian mengendap dan mendiami aliran di sepanjang sungai atau daerah lain di sekitar sumber air.

Selain digunakan sebagai bahan dasar industri seperti magnet yang telah dijelaskan di atas, hematite juga biasa digunakan sebagai perhiasan. Namun daripada itu batu hematite juga dikenal dengan manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia seperti:


  1. Memperlancar peredaran darah. Sifat magnetik yang dikandung hematite mampu memecahkan molekul darah sehingga mempercepat sirkulasi darah melalui arteri.
  2. Membantu tubuh memanfaatkan suplai nutrisi ke seluruh tubuh dengan cepat.
  3. Membantu keseimbangan emosi dan mental dari dalam tubuh.
  4. Mampu mengatasi masalah sulit tidur atau rasa cemas tanpa alasan.
  5. Merangsang tubuh untuk meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh juga penyerapan zat besi secara optimal.
  6. Mampu mengurangi kram atau kesemutan pada kaki, serta
  7. Meningkatkan daya ingat.

Hematite memang bukan batu biasa, manfaat yang diberikan bagi kehidupan manusia amat banyak dan berarti. Dengan warna dan kilaunya yang elok, membuat hematite menjadi incaran para pengrajin perhiasan. Dengan unsur logam yang terkandung di dalamnya juga membuat para industri besar memanfaatkan keberadaannya. Lebih dari pada itu, kandungan alaminya yang telah terbukti bagi kesehatan tubuh manusia membuat batu ini memang lebih dari batuan kristal biasa.