Harga Batu Akik Intan

Harga batu akik intan bernilai jutaan rupiah per butirnya. Tingkat kekerasan batu mulia ini sangat tinggi. Sehingga terbilang keras dan sangat bagus untuk dijadikan perhiasan, baik bagi kaum pria ataupun dipakai kalangan wanita. Kilauan cahaya yang dihasilkan sangat indah dan cemerlang. Membuat banyak orang terpesona dengan keelokan batu ini. Warnanya begitu bening dan bersih, menjadikannya bernilai tinggi dan banyak diburu para pecintanya.

Batu intan merupakan mineral yang terbentuk dari alotrop atau kristal dari karbon. Batu memikat ini populer dikarenakan mempunyai beragam sifat istimewa. Faktor utamanya adalah kekerasan dan keunggulannya dalam melakukan dispersi cahaya. Berbagai sifatnya ini menjadikan batu intan ini dimanfaatkan dalam mempercantik perhiasan.

Tambang intan banyak ditemukan di kawasan Afrika Selatan dan Afrika Tengah. Batu intan berkualitas juga dijumpai di Australia, Brazil, Rusia dan Kanada. Penambangan dengan teknik tradisional juga ditemukan di tanah air. Tepatnya di kawasan Cempaka, Kabupaten Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan pada era Hindia Belanda.

Batu intan ditambang menggunakan pipa vulkanis untuk mengeluarkan intan dari dalam bumi. Penggunaan pipa vulkanis ini dikarenakan sangat cocok dengan temperatur dan tekanan pada pembentukan intan di dalam bumi. Di tanah air, batu intan juga sudah sejak lama ditambang di kawasan Martapura, Provinsi Kalimantan Selatan.


Batu intan yang berada di dalam perut bumi ini bisa digali dengan cara manual atau dengan cara mekanisasi. Perkembangan zaman membuat saat ini sebagian besar penambang menerapkan teknik mekanisasi saat menambang intan. Teknologi ini berupa mesin penyedot yang bisa mengambil tanah yang sebelumnya telah digali. Tanah yang tersedot bersama air ini mengandung intan, sehingga harus cermat saat memisahkan pasir, batu dan intan.