Cara Gampang Memilih Batu Bacan Doko


Ini adalah gambar batu bacan doko yang ingin dipilih dengan dilihat secara manual melalui warna dan tingkat kejernihan ketika disenter. Gambar batu tersebut diperoleh dari seorang teman, yang tentu saja dengan izinnya boleh di sharing untuk pengetahuan diblog ini.

Dilihat dari warnanya, batu bacan bisa dikategorikan super bila warnanya sudah mulai berubah biru semua. Warna hitam batu bacan merupakan unsur besi yang ada didalam batu tersebut, yang nantinya akan hilang bila diproses melalui cara rendaman atau dengan dipakai saja.

Ingin tahu caranya lihat disini
percobaan kristalisasi batu bacan

Dalam memproses batu bacan secara alami memang diperlukan kesabaran, bila sobat sudah punya dan masih direndam atau dipakai ya sabar saja, seiring waktu berjalan pasti akan jadi kristal. Intinya adalah heat treatment (proses penjemuran). Simak caranya disini cara penjemuran

Batu bacan juga bisa diproses secara kimia melalui cairan yang banyak dijual dipasaran tapi hasilnya kurang bagus dan langsung ketahuan oleh pecinta batu bacan bila batu tersebut diproses secara kimia dan bisa menurunkan harga jual batu tersebut.

Bila dilihat bentuk batu bacan yang beredar dipasaran, bentuk dengan contoh gambar diatas sudah biasa kita temui. Tapi bila sobat ingin bentuk lain seperti kotak atau cutting berlian boleh-boleh saja, asal dipikirkan dengan bijak. Karena menurut teman pecinta batu bacan, sekarang batu bacan dijual pergram.

Demikianlah postingan saya tentang cara memilih batu bacan seusai warnanya, semoga menambah wawasan para pecinta batu (gemslover).