Awas! Batu Kalimaya yang Anda Pakai Mungkin Palsu

Demam batu akik menempa Indonesia terakhir ini, tidak tidak sering beberapa orang tertipu jutaan rupiah untuk memperoleh batu akik incarannya.

Karenanya kejujuran si penjual jadi aspek terpenting dalam memperoleh batu akik yang paling baik.
 
Batu yang memiliki harga selangit seperti batu khas dari Propinsi Banten yaitu black oval atau yang lebih di kenal batu Kalimaya bikin beberapa penjual memakai harga selangit itu untuk menipu beberapa pembelinya, terlebih yang pemula.

 " Konsumen janganlah terkecoh dengan harga, yang mahal belum pasti berkwalitas, yang murah belum pasti murahan. Jadi kecermatan konsumen serta kejujuran pedagang jadi aspek untuk memperoleh Kalimaya yang paling baik, ” kata salah satu pengrajin batu Kalimaya asal Warung Gunung, Kabupten Lebak, Fuad Jaya pada Sindonews. com.

Fuad yang telah memerankan juga sebagai pengrajin batu Kalimaya mulai sejak th. 2012 ini mengungkap untuk pilih batu Kalimaya asli itu susah dengan kasat mata.

Tetapi dianya berikan tahukan bahwa batu Kalimaya tak gampang pecah apa yang seperti sampai kini ramai dibicarakan.

 " Yang dapat membedakan dengan cara fisik Kalimaya yang gampang pacah serta yg tidak memanglah susah, yang pasti kita mesti mengerti batu Kalimaya. Minimum bertanya ke penjualnya batu, kalimaya yang di jualnya adalah kalimaya dari galian (tambang) asal mana. Lantaran yang dapat membedakan kekerasan batu itu pedagangnya sendiri, ” kata pria yang pernah jual batu Kalimaya seharga Rp250 juta ini.

Diluar itu, Fuad mengungkap bahwa peminat batu kalimaya disarankan untuk beli batu yang telah jadi, karena banyak juga yang inginkan bahan mentah segera dari penambang karena beberapa orang yang tertipu dengan bahan baku kalimaya.

  " Janganlah beli segera dari penambang, bahan baku belum pasti bagus, tambah baik beli jadinya yang telah dibuat, " imbuhnya.

Batu Kalimaya sebagai batu mulia ini  memiliki warna yang indah seperti pelangi makin dipakai pemiliknya makin bagus.
 
 " Orang yang pakainya kan berkeringat, nah keringat itu menolong batu makin bagus serta warnanya makin bercahaya bila terkena air, " ungkapnya

Untuk di ketahui batu Kalimaya yang masuk ke deretan 10 batu mulia termahal didunia bahkan juga hingga menyamakan beryl emerald, Blue Garnet, serta Jadeite. bahkan juga batu khas Banten ini dapat menembus harga USD2. 500 per karat.