Tips Cara Mudah Treatment Batu Sapphire

Batu mulia sapphire yaitu salahsatu batu yang mempunyai keindahan yang sangatlah tinggi. Seratnya yang halus serta menakjubkan menaikkan tinggi harga nya. Diluar itu, batu ini dapat banyak di cari oleh kolektor lantaran jumlahnya yang langka dan pas untuk jadikan perhiasan wanita. Pada intinya, batu sapphire yang baru di ambil dari penambangan mempunyai warna yang pucat clarity hingga kurang bagus untuk dipandang serta harga nya belum tinggi. Oleh karenanya, diperlukan saat untuk memproses batu sapphire jadi indah. Langkah mengolahnya sendiri cukup simpel serta gampang, Anda bisa mengerjakannya dengan perawatan dengan cara teratur. Tersebut langkah gampang treatment batu sapphire yang baik serta benar. 


1. Heat 
Salahsatu type treatment yang banyak digunakan beberapa pengrajin batu sapphire dari saat ke saat, bahkan juga dari zaman jaman dulu. Tehnik yang juga banyak digunakan oleh kolektor ini gunanya untuk tingkatkan tampilan batu sapphire supaya lebih indah dilihat. 

2. Diffusion 
Tehnik ini dipakai lewat cara memberi beberapa bahan kimia yang spesial seperti susunan kimia yang ada pada batu sapphire tersebut. Sesudah batu sapphire dilumuri oleh bahan kimia itu, setelah itu batu dipanaskan dengan situasi suhu yang sangatlah tinggi hingga bikin warna dan cacat-cacat yang ada dibagian batu sapphire jadi kembali prima. Diluar itu, sinar yang dihasilkan oleh batu bakal lebih menakjubkan, kuat serta tajam. Walaupun tampak baik, treatment type ini kurang disenangi oleh beberapa kolektor lantaran harga nya lebih rendah dibanding batu yang telah indah dengan cara alami tanpa ada treatment atau batu yang cuma di proses memakai tehnik heat. 

3. Glass filled (flux) 
Glass filled atau flux yaitu tehnik treatment pada batu sapphire lewat cara melubangi sisi yang bakal diperbaiki, kemudian batu bakal dibakar dengan suhu spesifik hingga sisi yang jelek bakal meleleh. Sedang sisi yang berlubang bakal ditutupi oleh beberapa bahan kimia seperti pada tehnik no. 2. Glass filled ini sendiri masih tetap tidak sering dikerjakan oleh beberapa penggemar batu lantaran harga nya yang cukup mahal serta sulitnya mendeteksi bagian-bagian yang bakal dilubangi. 

4. Synthetic 
Seperti namanya, tehnik ini yaitu tehnik mengikuti batu sapphire alami yang diketemukan asli dari perut bumi. Jadi, tehnik ini memercayakan kekuatan manusia untuk memproses, mengolah serta bikin batu yang unsur serta memiliki bentuk seperti sapphire. Tehnologi yang digunakan sendiri sangatlah mutakhir hingga membutuhkan dana yang besar. Walaupun demikian, banyak penjual yang anti pada batu type ini lantaran harga nya yg tidak jauh tidak sama dengan batu sapphire imitasi. 

5. Imitasi 
Tidak sama dengan tehnik synthetic, sapphire imitasi cuma tampak sama bila dilihat dengan cara sepintas. Tetapi bila di teliti selanjutnya, jadi terang telah ketidaksamaannya. Untuk membuatnya sendiri, banyak pengrajin yang memakai bahan spinel, zircon serta crystalin untuk sisi inti batu.