Batu Bacan: Keunikan, Kandungan Mineral dan Fakta Ilmiah Lainnya

Indonesia jadi salah satu negara yang mempunyai type bebatuan mulia cukup banyak. Naiknya pamor batu akik (salah satu type batu mulia) ikut menambah pamor pelbagai type batu mulia yang lain. Type batu akik –begitu orang Indonesia menyebutkan bebatuan bahan basic yang biasanya di buat cincin– berbagai macam, seperti Bacan, Kalimaya, Kecubung, Kol Buntet.

batu bacan Di Indonesia, arti batu akik dipakai untuk menyebutkan semua type batu yang sama dengan cincin. Akik, walau sebenarnya, yaitu salah satu type batu. Akik di kenal dalam bhs Inggris dengan sebutan agate. Arti yang pas untuk menyebutkan batu-batu yang dipakai juga sebagai perhiasan yaitu batu mulia.

Batu Bacan yaitu salah satu type batu mulia yang paling di kenal. Batu ini mempunyai kekhasan warna yang menggabungkan biru serta hijau. Corak yaitu yang menghiasi perpanduan warna itu. Batu type bacan jadi salah satu perburuhan untuk pengagum batu akik atau batu perhiasan.

Warna Batu Bacan

Batu bacan (Chrysocolla) idnetik dengan warna yang padat serta corak yang terselip diantara warna itu. Warna paling utama batu Bacan yaitu biru serta hijau. Kandungan warna batu ditetapkan oleh umur atau usia batu serta reaksi kimiawi-geologis yang berlangsung pada batu. Warna-warni biru serta hijau yaitu yang paling lekat dengan batu type ini.

Kekhasan Batu Bacan

Kekhasan batu Bacan satu diantaranya terdapat pada corak yang terdapat pada batu. Kombinasi cokelat dengan dominasi warna putih, cokelat serta hitam menyisip dalam batu mulia type ini. Dengan cara umum, batu bacan mempunyai sebagian ketidaksamaan dengan batu pirus (turquoise). Penipun kerapkali memakai batu bacan untuk menipu orang yang berkeinginan beli pirus namun tak tahu ketidaksamaannya. Tingkat kekerasan batu bacan yaitu 2-4, sesaat pirus mempunyai tingkat kekerasang 5-6. Tingkat kekerasan batu, bagaimanakah juga dinilai jadi salah satu aspek yang merubah harga.

Manfaat Batu Bacan

Batu bacan dipakai untuk bermacam manfaat perhiasan. Di Indonesia, batu type ini paling banyak di kenal juga sebagai bahan baku cincin. Batu ini dapat banyak dipakai untuk kalung. Manfaat memperlihatkan corak, batu bacan kadang-kadang dikemas berbentuk yang semakin besar daripada cincin biasanya. Diluar itu, batu bacan juga dipakai juga sebagai bahan manik-manik batu.