Gayo Gudangnya Batu Bio Solar

Demam Batu Akik memanglah semakin mewabah, dari remaja sampai orangtua, pria serta wanita. Memiliki bentuk yang beragam macam ditambah warnanya yang menawan bikin orang jadi kagum. Namun tahukah anda di mana salah satu daerah sumber batu yang banyak diburu sekarang ini? 

Takengon, Aceh Tengah, memanglah gudangnya batu. Bagaimanakah tak, dengan cara geografis lokasi perbukitan yang terdapat pada ketinggian pada 1. 200 – 1. 700 Mtr. dari permukaan laut (Mdpl) dengan sebagian aliran sungainya menaruh segudang type batu. Satu diantaranya yaitu type Batu Giok. Hingga tidak ayal dalam kurun saat enam bln. paling akhir lokasi ini di ramaikan oleh beberapa kolektor batu dari dalam negeri ataupun luar. 

Untuk berburu batu yang dimimpikan ini bukanlah perkara gampang. Mereka ikhlas berhari - hari keluar masuk rimba sampai melawan derasnya jeram sungai cuma untuk mencari batu. Salah satu sungai yang saat ini semakin di kenal beberapa pemburu batu yaitu di Sungai di lokasi Gayo. Batu sebagai incaran bernama Giok Lumut. Lantaran warnanya yang kehijauan seperti lumut serta type batunya yang keras bikin batu ini indah serta bernilai rupiah tinggi. 

Sekarang ini nyaris seluruhnya kampung di lokasi Gayo orang-orangnya berburu Giok, serta membuatnya juga sebagai sumber pencaharian baru. Langkah mereka berburu Giok juga berbagai macam. 
Dengan makin tingginya harga jual Giok, beberapa warga diseputaran ikhlas berhari-hari masuk rimba untuk memperoleh barang yang di idamkan. Walau bergitu, kata Juliyan orang-orang di sana mengakui suka lantaran ada yang beli, sekarang ini pendapatan orang-orang di sana juga jadi tambah mulai sejak sebagian bln. terakhir. 

Batu Giok Lumut dihargai selangit dapat meraih beberapa puluh juta. Batu Idocrase Alami dibanderol dengan harga seputar Rp 1 juta sampai Rp 6 juta untuk tiap-tiap kilonya dalam bongkahan batu besar. Sesaat Batu Bio Solar serta Solar Rp1 juta sampai 4 juta per kg, Batu Belimbing Rp 500 ribu sampai 700 ribu per kg, Batu Nephrite sekitar Rp 600 ribu sampai Rp 800 ribu, Batu Belimbing Rp 600 ribu sampai Rp 1 juta, serta Batu Neon Rp 700 ribu sampai Rp1 juta. Banyak juga type batu yang lain seperti Batu Lavender, Black Jade, Cempaka, Kecubung dsb. 
Jadi apabila saat ini anda mendengar Tanah Gayo tidak cuma di kenal dengan kopinya, namun juga terkenal dengan batu-batunya yang cukup menawan terlebih batu type giok.