Soal Pamor Batu Akik, Bacan Merah Tak Kalah Hebat

Sampai kini Batu Bacan di kenal dengan keindahan warna hijau mengkilatnya. Terkecuali mempunyai ciri khas warna hijau tua serta muda (Bacan Doco serta Palamea), batu akik yang datang dari Pulau Kasiruta (samping barat Pulau Bacan), Kabupaten Halmahera Selatan propinsi Maluku Utara ini dapat ada type warna lain. Seperti kuning, susu, kembang, biru serta pancawarna.

Tetapi janganlah salah, masih tetap ada satu type warna Batu bacan lagi yang tidak kalah hebat pamornya di banding type batu akik yang lain. Yaitu Bacan Merah. Bacan type ini memanglah tidak sering sekali didapati dengan kata lain langka, lantaran sulitnya untuk memperoleh batu bacan merah. Tidak heran bila Bacan Merah ini mempunyai harga selangit meskipun tak semahal batu bacan super.

Untuk memperoleh batu bacan merah, beberapa kolektor batu akik bukan sekedar mesti mempunyai duit yang banyak untuk membelinya saja. Tetapi juga dibutuhkan ketrampilan untuk menelusuri kehadiran Bacam Merah di daerah aslinya. Karena, umumnya beberapa penambang batu sering pilih untuk menaruh rapi batu bacan merah temuannya dari pada menjualnya ke orang lain.

Jikalau mau di jual, yang pasti si penambang bakal menjualnya dengan harga yang sangatlah tinggi. Jadi dapat diambil kesimpulan batu bacan merah ini bukan sekedar langka tetapi peredarannya juga tak bebas ada di market lantaran banyak orang yang tidak mau menjualnya.

Batu bacan yaitu batu hidup atau batu sistem, yang awalannya umum saja dipandang serta ada bercak dapat beralih jadi bening. Batu bacan yang sistem umumnya kian lebih satu warna namun sistem beningnya jadi satu warna. Juga sebagai misal, Batu bacan sistem awalannya yaitu hitam dengan titik hijau namun batu itu bakal menuju satu warna yaitu hijau. Batu bacan yang sulit didapati juga yaitu Batu bacan yang pertama kali penampakan mata hitam pekat, disenter atau terkena sinar terlihat berwarna hijau tua.

Demikian dengan juga bongkahan bacan warna merah. Bentuk aslinya adalah batu kombinasi sebagian warna yang didominasi warna merah darah. Tetapi bersamaan dengan berjalannya saat, batu itu bakal mengolah diri sendiri jadi bening dengan satu warna merah.

Konon tuturnya, Batu Bacan merah ini dapat memberi kesejukan untuk orang yang menggunakan ataupun yang melihatnya. Terutama bila pemolesan Bacan Merah dikerjakan dengan sangatlah rapi hingga memberi dampak mengkilap pada permukaan batunya.