Tips Cara Mengolah Batu Akik Secara Tradisional

Terkecuali berlian, safir serta zamrud masih tetap ada satu lagi type batu permata yang banyak diminati oleh orang-orang luas (dunia) yakni batu akik. Terkecuali lantaran langka, batu akik banyak di cari lantaran keindahan dan karismanya yang diakibatkan. Terlebih bila warna, serat atau bantuknya tidak sama dari batu-batu lain. Walaupun demikian, beberapa orang yang terasa susah untuk mempunyai batu ini lantaran harga nya yang terbilang mahal. Terlebih bila batu itu telah di proses dengan pengrajin yang handal serta di beri tali yang berkwalitas.

Langkah Memproses Batu Akik Dengan cara Tradisional

Oleh karenanya, untuk kurangi pengeluaran dalam mempunyai batu akik, Anda bisa beli batu berbentuk mentahan (belum di proses) untuk nanti Anda sistem dengan cara manual sendiri. Dengan demikian, Anda bisa membuahkan batu sesuai sama keinganan serta sesuai sama letak yang disenangi dengan harga yang lebih terjangkau. Tersebut langkah memproses batu akik dengan cara tradisional.

Langkah 1. Persiapan
Saat sebelum mengawali sistem pembuatan batu akik, terlebih dulu Anda mesti mempersiapkan sebagian peralatan simpel. Alatnya sendiri tak perlu mirip pengrajin batu permata profesional.

a. Grenda serta batu grenda
Terdapat banyak type grenda yang umum digunakan untuk bikin mata cincin, salah satunya yaitu grenda potong serta grenda tangan. Diluar itu siapkan juga batu grenda tidak tipis.

b. Kertas serta kain pasir
Siapkan juga kertas pasir halus sebagian lembar serta kain pasir halus.

c. Bambu
Buat potongan bambu berukurang kecil, kurang lebih sebesar jari kelingking. Potongannya mesti di dekat sisi mata bambu supaya lebih kuat.

d. Lem Super (SuperGlue, PowerGlue)

Langkah 2. Pemrosesan
a. Potong batu akik mentahan sesuai sama ukuran yang di idamkan memakai grenda serta batu grenda. Janganlah lupa untuk mengerjakannya dengan cara perlahan-lahan lantaran umumnya potongan yang bakal di ambil demikian tidak tebal. Diluar itu, upayakan tidak untuk lakukan penekanan yang berlebihan waktu memegang grenda supaya batu tak gampang retak atau patah.
b. Sesudah dipotong sesuai sama apa yang diinginkan, siapkan bambu serta lem super. Setelah itu, rekatkan batu akik ke ujung bambu (upayakan ujung bambu rata) dengan memakai lem super itu. Cermati untuk menahan bambu terus melekat ke batu, hal itu lantaran lem super mempunyai karakter cepat kering.
c. tahap selanjutnya untuk memproses batu akik dengan cara tradisional yaitu dengan langkah mempersiapkan grenda tidak tipis. Pakai tangan kiri untuk memegang bambu serta tangan kanan untuk memegang grenda. Setelah itu Anda bisa menyalakan grenda serta mengarahkannya ke arah batu.
d. Yakinkan bahwa sisi batu yang di grenda yaitu pola yang benar serta proposional sesuai sama apa yang diinginkan. Bila sangsi, Anda bisa bikin pola terlebih dulu di kertas, kemudian tempelkan pola kebagian belakang batu.
e. Setelah itu, bila batu akik mentahan itu telah mempunyai bentuk yang dinginkan (bola, lonjong, prisma, kotak), Anda bisa memakai kain kertas untuk menghaluskan permukaan batu akik. Diluar itu, pakai juga air supaya batu tak alami cacat atau lecet.
Sekian kajian perihal langkah memproses batu akik dengan cara tradisional. Bila batu akik itu di rasa telah lebih berupa, pakai kertas pasir serta air untuk sekali lagi menggosok-gosok permukaan batu. Fungsinya untuk bikin batu lebih mengkilat.