Mau Investasi Batu, Bagusnya PIlih Akik atau Berlian?

Trend batu akik menyebabkan harga batu alam ini melambung tinggi. Tetapi, hati-hati, harga nya tidak menentu. Untuk maksud investasi, investor baiknya pilih berlian. Terkecuali mempunyai standard yang pasti, harga nya relatif stabil.
Nanu, salah seseorang pedagang batu akik, mengira bahwa popularitas batu ini cuma musiman. Harga bakal jatuh waktu popularitasnya tergerus. Serupa cerita tanaman gelombang cinta yang pernah bernilai beberapa puluh juta rupiah, saat ini cuma beberapa puluh ribu rupiah.
Karenanya, mereka yang punya niat mengoleksi batu mulia juga sebagai investasi baiknya pilih berlian. " Berlian bakal terus diminati hingga kapan juga. Prospeknya bagus, " katanya.
Reska Febri, yang memiliki toko Berlian Star, menyampaikan, customer spesifik terus mengoleksi berlian. Omzet penjualan berlian stabil. Dalam satu bulan, Reska dapat jual berlian sejumlah Rp 50 juta-Rp 100 juta.
Reska menuturkan kelebihan berlian. Pertama, customer bisa jual kembali berlian di toko perhiasan dimana saja dengan potongan harga 10 %. Disamping itu, untuk batu akik, tidak ada jaminan bahwa toko bisa beli kembali (buyback). Karena, konsumen batu akik biasanya yaitu kolektor, bukanlah toko.

Ke-2, berlian mempunyai acuan harga yang pasti, yaitu ukuran, karat, kejernihan, serta kandungan emas di dalamnya. Kwalitas berlian paling baik yaitu kwalitas D. Tetapi, kwalitas ini telah sangatlah langka. Rata-rata pedagang berlian jual berlian kwalitas F. Adapun harga per 1 karat dari kwalitas F dari mulai 40 dollar AS sampai 130 dollar AS.
Juga sebagai deskripsi, harga cincin berlian dengan 0, 08 karat dibanderol dengan harga Rp 1, 2 juta. Makin tinggi karat serta kejernihannya, harga berlian makin mahal.
Disamping itu, untuk batu akik, harga didasari perjanjian penjual dengan konsumen. " Pada batu akik, fluktuasi harga bergantung penawaran serta keinginan, " papar Iskandar Husein, Sekretaris Jenderal Asosiasi Entrepreneur Perhiasan Emas serta Permata Indonesia (APPEPI).
Menurut Iskandar, cuma batu mulia spesifik yang digolongkan instrumen investasi, seperti batu mulia yang dilelang di balai lelang internasional, diantaranya Christie's, yang mempunyai nilai investasi tinggi. Harga juga di pengaruhi oleh keadaan batu mulia. Apabila tampak cacat, jadi harga dapat turun tajam.

Reska memperkirakan, harga berlian setahun yang akan datang masih tetap stabil. Keadaan ini tidak sama dengan harga emas yang dapat naik atau turun tajam sepanjang periode satu tahun. Tetapi, diantara batuan lain, sekurang-kurangnya berinvestasi berlian masih tetap lebih aman.