Tommy Sebut Akik Indonesia Tak Kalah dengan Ruby dan Safir

Pembina Great Stone Nusantara (GSN) Hutomo Mandala Putra dengan kata lain Tommy Soeharto menyebutkan batu akik lokal tidak kalah saing dengan batu permata impor jenis Ruby ataupun Safir.

Putra bungsu bekas presiden Soeharto itu bahkan juga mengklaim bahwa batu akik asli Indonesia dapat disejajarkan dengan batu mulia serta permata di beragam penjuru dunia.

“Batu mulia bila dibanding Ruby, Blue Safir, serta Emerald (Zamrud) dari luar negeri tak kalah dengan batu di Indonesia. Bahkan juga beberapa itu batunya ada di Indonesia, ” ungkap Tommy di ruangan Balai Panjang Museum Indonesia TMII, Jakarta Timur, Sabtu (18/4/2015) malam.

Cuma saja, lanjut Tommy, sumber daya manusia di Indonesia belum maksimal untuk mengerjakan potensi-potensi alam yang ada di bumi nusantara ini. Hingga batu-batu akik khas nusantara belum di kenal oleh kelompok orang-orang.

”Kita hanya kurang dapat mengerjakan lantaran tidak ada tehnologi, ” ucapnya.

Tommy mengakui, gelaran pameran batu akik kesempatan ini untuk mengangkat nilai jual batu itu. Adapun perannya juga sebagai pembina Great Stone Nusantara (GSN), digunakan untuk tingkatkan nilai jual batu-batu akik khas Indonesia.