Ini Nih..Batu Akik yang Lagi Naik Daun

Salah seseorang pehoby serta pedagang batu akik asal Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Propinsi Jawa barat, Opik Hidayah (29) menyampaikan saat ini batu Panca Warna Garut yang tengah tren yaitu type Akik Darson. Type batu akik ini terkecuali kekerasannya sangatlah bagus, juga mempunyai motif warna yang bagus seperti warna, biru, merah menyala, hijau, kuning, coklat, putih, hitam, orange serta warna yang lain.

” Jadi batu batu akik type Darson yang super atau kwalitas bagus dapat mempunyai warna kian lebih lima dengan warna – warna yang mencolok, ” katanya, Sabtu (9/5/2015)

Namun untuk kelompok Batu Akik Darson super, dapat cuma mempunyai sebagian warna atau kurang dari lima warna, seperti warna biru, hijau atau menguasai warna orange, lantaran beberapa warna itu termasuk juga susah didapati.

” Nah, kelebihan Darson itu, mempunyai warna yang cukup unik serta lebuh menyala, ” ungkap Opik.

Lanjut Opik, akik type Darson sekarang ini termasuk juga type batu akik yang susah didapati hingga harganyapun sangatlah mahal dapat menyaingi Batu Ohen yang terlebih dulu jadi batu andalan Garut.

” Pikirkan saja batu akik Darson super untuk ukuran sekepal tangan orang dewasa berbentuk bongkahan dapat meraih beberapa ratus juta rupiah “, ujarnya. (**)