Inidia Ciri Batu Akik Black Opal yang Bagus

Batu kalimaya hitam ini adalah batu yang banyak disukai orang. Di Indonesia, black opal banyak diketemukan di daerah Lebak Banten, Jawa Barat. Tempat ini kaya kandungan silika serta kuarsa.

Susunan serta struktur batu yang terbentuk di suhu rendah ini biasanya mempunyai retakan-retakan di sekitarnya. Oleh karena itu batu ini masuk ke kategorian batu yang cukup lunak dengan tingkat kekerasan pada 5. 5 sampai 6. 5 mohs. Dari berat keseluruhnya batu opal, 6% sampai 10% yaitu berbentuk air. Tidak sama dengan batu bacan yang lebih keras dengan tingkat kekerasan 7 sampai 7. 5 mohs. Dengan struktur lebih lembut yang dipunyai oleh batu ini, jadi langkah perawatannya juga tidak sama dengan batu akik/mulia biasanya.

Kecantikan batu black opal kalimaya ini tampak pada saat terserang paparan cahaya. Black opal bakal keluarkan pendar sinar warna-warni yang mempesona. Sinar ini umum dimaksud dengan nama Jarong atau Kembang. Warna-warni yang terdapat didalam batu black opal bergantung dari daerah atau lingkungan di mana batu ini terbentuk. Warna paling umum yang dipunyai batu ini yaitu warna putih, abu-abu, jingga, kuning jelas, oranye, merah, biru, cokelat, ungu, magenta, merah rose, hijau serta hitam.

Adapun black opal yang paling banyak di cari pada sekarang ini yaitu Fire Opal atau batu kalimaya api yang datang dari Banten yang mempunyai banyak kandungan warna merah menyala seperti api. Sama dengan batu bacan yang mempunyai pengagum sendiri diluar negeri, batu lokal ini sudah di jual sampai ke beragam negara didunia serta di bandrol dengan harga beberapa puluh sampai beberapa ratus juta rupiah.

Terkecuali warna merah, warna yang lain yang juga disukai yaitu opal yang pancarkan warna ungu serta biru yang jelas. Warna ini diminati orang lantaran dikira warna yang cantik tetapi masih tetap cukup langka diketemukan pada batu opal. Sekarang ini black opal juga diketemukan di beragam negara salah satunya seperti India, Mesir, Australia, Meksiko serta Indonesia.

Black opal kalimaya yang berkwalitas :
Sesuai sama namanya, batu black opal memiliki kandungan warna yang hitam legam.
Walau dengan taraf mohs 5. 5 sampai 6. 5, tetapi batu ini terus padat serta tak rapuh walau digores.

Opal kalimaya yang bagus mempunyai warna yang lengkap dan keluarkan warna bercahaya seperti berlian.
Serat batu halus serta tak tampak di bagian permukaannya.
Walau berwarna hitam legam, batu ini terus tembus sinar jika disinari dengan senter maupun lampu yang jelas.
Apabila digores dengan amplas, residu black opal tak berwarna hitam.

Permukaan batu opal kalimaya yang bagus bakal tampak mengkilap seperti porselen atau keramik jika dibuat.
Langkah membedakan black opal asli serta palsu :

Walau termasuk batu mulia yang lunak, suatu batu bakal tahan pada sistem pembakaran.

Batu asli bakal kalis atau tahan pada bahan kimia seperti cat maupun minyak. Untuk membuktikannya Anda bisa memakai cat. Jika cat itu tak melekat pada batu, itu berarti batu itu asli.

Tidak ada batu yang prima. Tiap-tiap batu pasti mempunyai serat. Tak ada batu dengan struktur yang sangatlah halus atau bahkan juga tanpa ada serat sekalipun.
Berat type batu tidak sama dengan plastik atau kaca. Batu asli mempunyai berat yang sesuai sama besarnya. Tidak seperti batu sintetis yang bakal mempunyai bobot lebih enteng bila dibanding dengan ukurannya.

Teliti ke laboratorium spesial gemstone paling dekat untuk mengecek kandungan kandungan mineral yang ada di pada batu.