Potensi Akik, Tommy Soeharto: Perputaran Uang Bisa Sampai Rp 20 Triliun

Fungsi batu mulia atau akik dalam industri nasional terutama pertambangan serta perdagangan sangatlah besar. Tommy Soeharto menyebutkan rotasi duit pada usaha batu akik dapat meraih Rp 20 triliun.

 " Bila kita lihat dari 250 juta masyarakat Indonesia, umpamanya 40 % yang dapat beli satu batu saja tiap-tiap th.. Jadi dari 40 % itu ada 100 juta orang beli lantas dikalikan dengan satu batu yang harga nya Rp 200 ribu saja. Itu telah ada potensi rotasi duit hingga Rp 20 triliun, " kata Tommy dalam tayangan wawancara exclusive di salah satu stasiun tv swasta nasional, Minggu (19/4/2015).

Menurut putra bungsu Presiden RI ke-2 Soeharto itu, nilai dari batu akik dapat makin tinggi jika ditunjang oleh langkah pemrosesan yang tambah baik lagi dari beberapa pelaku industri itu.

 " Ini dapat ditingkatkan lagi dengan kwalitas pemotongan atau shifting (pergantian) serta pemolesan yang tambah baik dengan berstandar internasional, " tutur bapak dua anak itu.

Saat disinggung apakah sesudah lihat kesempatan besar pada usaha batu akik dianya tertarik untuk terjun ke industri ini, Tommy dengan cara diplomatis menjawab tak.

 " Pasti tak, lantaran memanglah saya kebetulan saja disuruh juga sebagai pembina Asosiasi Great Stone Nusantara. Karena mereka memerlukan wadah dan support serta saya bersedia, " tukas Tommy.