Wow! Harga Batu Mulia Melonjak 1.000%

Batu akik makin booming di Indonesia. Penyukanya selalu jadi tambah. Maklum, batu mulia bukan sekedar indah, juga mempunyai nilai jual yang tinggi hingga pas untuk investasi. Zamrud, salah satu misalnya. Harga batu berkelir hijau ini di pasar internasional selalu menanjak.
Ian Timothy Harebottle, Chief Executive Officer (CEO) Gemfields Plc, salah satu produsen batu permata paling besar didunia, menyampaikan, dalam lelang batu permata di Singapura, Desember 2014 lantas, koleksi zamrud produksi perusahaannya dilelang dengan harga US$ 66 per karat.
Di banding lima th. lantas, harga zamrud sekarang ini melonjak sampai 1. 000%. Seperti di beritakan Bloomberg, Jumat (17/4), Gemfields sekarang ini kuasai 20% pasar zamrud dunia. Pasokan zamrud Gemfields datang dari Kolombia serta Birma.
Kolombia memanglah populer juga sebagai penghasil Zamrud paling baik di muka Bumi ini. Soalnya, warna hijau pada batunya sangatlah tajam, ke arah hijau tua serta kristal. Namun, tidak seperti emas maupun berlian, pemilihan harga batu mulia condong tak mempunyai standard yang baku serta transparan. Harga batu mulia dapat saat itu juga melejit karena keinginan yang tinggi ditambah cadangan batu di alam yang semakin menipis.
Menurut Sumarni Paramita, Senior Consultan Gemologist dari Adamas Gemological Laboratory of Indonesia, harga zamrud sekarang ini sekitar US$ 50 sampai US$ 10. 000 per karat. Serta, zamrud yang bagus, menurut dia, mesti penuhi tiga persyaratan. Pertama, warna hijau kebiru-biruan dari batu mesti tampak masak. Ke-2, batu mesti transparan atau tampak bening. " Yang ketiga, batu mesti sedikit mempunyai tulis, " tuturnya.
Alhasil, makin bagus kwalitas zamrud, harga jualnya juga makin tinggi. Harga zamrud di website www. batupermataonline. com bermacam, mulai Rp 920. 000 per batu sampai Rp 20, 5 juta per batu. Laman ini tawarkan zamrud 5, 38 karat dengan dimensi 11, 3 x 11, 1 x 8, 5 milimeter (mm) Rp 20, 5 juta.
Usaha Gemfields mendongkrak kepopuleran batu mulia tak berhenti hingga di zamrud. Perusahaan yang terdaftar di London Stok Exchange akan bikin histori yang sama untuk ruby. " Kami sudah jual ruby 40, 2 karat dengan harga yang dirahasiakan, " tutur Harebottle pada Bloomberg.

Namun, berdasar pada lelang akhir th. lantas di Singapura, harga ruby Gemfields terjual di harga US$ 689 per karat. Gemfields mengklaim kuasai 40% cadangan ruby di semua dunia. Perusahaan yang bermarkas di London, Inggris, ini mempunyai koleksi ruby paling besar sejagad, meraih 18. 696 karat.
 " Kami memprediksikan Gemfields akan mengulang keberhasilan zamrud pada ruby, " catat manajemen Investec Plc., perusahaan layanan finansial asal Afrika Selatan. Terlebih, Gemfields mempunyai tambang ruby paling baik yang ada di lokasi Montepuez, Mozambik.
Tambang Montepuez disebut-sebut juga sebagai tambang ruby paling baik di Afrika yang sukses diketemukan dalam satu dekade paling akhir. Di negara kita, ruby popular dengan nama batu merah delima lantaran mempunyai warna merah. Ruby termasuk juga batu yang sangatlah keras, dengan nilai 9 dari Taraf 10 Mohs.
Website www. batupermataonline. com buka harga ruby koleksinya mulai Rp 920. 000 per batu hingga Rp 19, 14 juta per batu. Ruby termahal mereka 5, 4 karat berdimensi 10, 6 x 10, 3 x 8, 0 mm.