Batu Akik Bacan Mentah Kini Jadi Buruan karena Lebih Murah

Penggemar batu akik pasti telah mengetahui dengan type batu bacan. Batu bacan sendiri datang dari suatu pulau Bacan, Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Batu itu populer sangatlah indah lantaran mempunyai kandungan mineral Chrysocolla yang memberi dampak warna biru kehijauan. Keindahannya bikin batu Bacan populer sampai mancanegara untuk jadikan koleksi.

Tetapi, sekarang ini banyak konsumen yang berkeinginan beli bahan batu Bacan. Terkecuali harga nya tambah lebih murah, dengan beli bahan batu bisa membuahkan semakin banyak untuk bikin cincin.

“Masyarakat condong pilih bahan batu lantaran dapat di buat semakin banyak cincin, bila beli cincin Rp10 juta cuma bisa satu, bila beli bahan batu dapat membuahkan semakin banyak, ” terang Perajin Ngara Lamo, Susillo pada Okezone di Jakarta.

Susillo mengakui, banyak pelanggannya yang berpindah beli bahan batu yang bakal di jual kembali ke Jakarta. Dianya membanderol bahan untuk batu bacan di kisaran Rp5 juta sampai Rp25 juta.

 " Hari ini penjualan batu Bacan meraih Rp20 juta. Banyak yang lebih pilih beli bahan batu bacan, mungkin saja untuk jadikan batu yang bakal dijual di Jakarta nanti, ” tutur dia.

Terkecuali berjualan batu, dalam pameran batu itu juga mengenalkan batu khas daerahnya yakni batu Almahera Timur. Harga Bacan serta Almahera berlainan tergantung dari kwalitas batunya, untuk harga kisaran harga Rp1, 5 juta hingga Rp10 juta.