Cara Merawat Jenis Batu Akik Cempaka Madu

Cara merawat jenis batu akik Cempaka Madu bisa dengan teknik perendaman, pemanasan dan pendinginan. Penampilan batu Cempaka Madu sangat cantik dan memikat, dengan warna kuning kemerahan. Supaya batu ini terlihat lebih bening, mengkilap dan transparan bisa menerapkan berbagai teknik perawatan berikut ini.

Teknik perendaman

Bisa menyiapkan minyak VCO yang bisa dibeli di apotek. Kemudian menyediakan wadah seperti kaleng yang bersih dan menuangkan minyak VCO di dalamnya. Kemudian memasukkan batu akik ke dalam kaleng tersebut dan merendamnya selama empat hari.

Teknik pemanasan

Anda harus menyiapkan panci untuk memasak air bersih dan kemudian masukkan kaleng bersih ke dalam air rebusan panci tersebut. Sedangkan batu akik ditaruh di dalam kaleng tersebut. Panaskan air tersebut selama dua jam dan kalau airnya menguap atau berkurang bisa menuangnya kembali. Jadi jangan sampai panci kehabisan air. Setelah dua jam bisa mengangkat batu akik dan mendinginkanya di atas tempat yang datar seperti piring. Kemudian mencucinya memakai air sabun.

Teknik pendinginan


Sesudah penerapan teknik pemanasan bisa dilanjutkan dengan teknik pendinginan. Dengan cara memasukkan batu akik di dalam freezer selama satu jam. Setelah itu, coba Anda amati  perubahan yang terjadi pada batu akik Cempaka Madu Anda. Kalau belum terlihat sesuatu yang diharapkan, bisa mengulangi ketiga teknik di atas sampai empat kali.