Cara Merawat Jenis Batu Akik Black Opal

Cara merawat jenis batu akik black opal bertujuan untuk mengeluarkan corak atau jorang yang berwarna-warni dan mempesona. Sehingga batu Black Opal akan terlihat lebih menawan. Apa saja cara yang bisa dilakukan?

Menjemurnya di bawah terik matahari

Teknik tersebut membutuhkan baby oil untuk dioleskan di seluruh permukaan batu akik. Sesudah seluruhnya dibaluri minyak tersebut, bisa memulai proses penjemuran atau pengeringan. Cara ini diterapkan selama seharian, dari pagi hari sampai dengan sore hari. Memang dibutuhkan kesabaran, karena waktu penjemuran ini terbilang lama. Kalau baby oil yang dioleskan mengering selama proses penjemuran, harus dioleskan kembali sampai waktu yang ditentukan.

Memakai panas kompor atau briket

Kalau Anda tidak memiliki waktu mencukupi untuk melakukan teknik penjemuran. Alternatif lainnya adalah dengan memakai hawa panas dari kompor atau briket. Sebelumnya batu akik ini juga diolesi dengan baby oil, lalu dibungkus memakai alumunium foil. Kemudian ditaruh di dekat kompor selama 15 menitan. Setelahnya kembali diolesi dengan baby oil.

Merendamnya dengan air hujan

Cara ini bisa memakai botol atau mangkuk yang diisi dengan air hujan. Selanjutnya merendam batu akik ini setiap pagi hari dan dijemur selama empat jam. Perendaman batu lebih baik diterapkan di tempat lembab, seperti dekat dengan  sumur atau kamar mandi. Proses penjemuran harus di bawah langsung terik matahari. Proses tersebut harus diterapkan sepanjang 2 sampai 3 bulan.