HATI-HATI 'Gila' karena batu akik

Terakhir, orang ramai-ramai berburu batu akik. Tidak hanya kelompok menengah ke atas yang keranjingan batu indah itu, tetapi seluruhnya kelompok seolah terlena oleh keindahan dan kabar berita batu akik.

Trend ini sesungguhnya telah ada mulai sejak zaman dulu, cuma saja dengan cara mendadak batu akik segera serempak diburu oleh beberapa orang. Bahkan juga dari Sabang hingga Merauke.

Bila dahulu orang memakai batu akik untuk lambang 'bapak-bapak', tetapi saat ini arti itu telah berubah. Bukan sekedar orangtua, anak muda juga saat ini turut berburu. Bahkan juga kaum wanita juga demam batu akik. Harga batu akik sangatlah bermacam, ada yang murah seputar Rp 25 ribu, serta ada juga yang menyentuh angka Rp 175 juta, bahkan juga lebih! Bergantung type serta struktur unik di dalamnya.

Type batu yang sekarang ini paling banyak diburu yaitu batu merah delima, lavender, blue safir, giok Aceh, bacan, ruby, serta zamrud. Batu-batu itu mempunyai corak serta warna tidak sama yang memikat beberapa pengagum.

Disebabkan keranjingan batu akik, orang bahkan juga hingga lakukan beberapa hal yang 'gila', seperti mengambil batu nisan untuk jadikan batu akik. Bahkan juga, keranjang peninggalan dinasti Ming juga akan dipotong-potong untuk di buat batu akik.