Batu Akik Pancawarna Edong Sejajar dengan Batu Mulia Safir, Jamrud dan Ruby

Batu Akik pancawarna edong mempunyai kwalitas setara dengan batu mulia, tidak ayal batu akik pancarwarna ini dapat tembus kepasar luar negeri serta makin popular dikalangan beberapa kolektor. Batu Akik asli Garut ini di Pasar dunia gemstone di samakan dengan Safir, Jamrud serta Ruby.

Menurut Marlin Golden dengan kata lain Asun (28) yang buka toko Golden Gemstone di Plaza Palldium ini type batu edong ini sangatlah langka di market. " Telah langka type batu edong ini, " ucapnya, Senin (20/4). Langkanya batu mempunyai ciri khas yakni lima warna ini lantaran type batu ini telah habis di Garut. " Lantaran type pancawarna edong ini telah habis di Garut, saat ini beberapa kolektor memburunya, " sambungnya.

Menurut dia, kilat dari batu edong ini sangatlah luar umum dibanding dengan batu akik yang lain. " Kilatnya luar umum serta warnanya kontras sekali, saya mempunyai batu edong ini, " papar pria berkaca mata ini.

Dikatakannya, batu edong kepunyaannya ini di jualnya seharga Rp48 juta dengan warna yang sangatlah cerah. " Warnanya sangatlah cerah ini, saya jual 48 juta. Bila ada yang berkeinginan, silakan datang ke toko saya serta dapat saksikan segera batunya, " tuturnya mengakhiri.

Di mana, batu akik edong pertama kali diketemukan seputar th. 1994 oleh Abah Edong (80). Waktu itu sedikit orang suka pada batu terkecuali beberapa orang tua itu juga masih tetap amat sedikit dibanding dalam satu tahun lebih akhir-akhir ini, nyaris seluruhnya kelompok suka pada batu akik.

Mbah Edong, sebagai penemu batu akik edong tak pernah menganggap bila batu temuannya 10 th. lantas itu, bakal jadi batu yang sangatlah bernilai serta jadi buruan beberapa orang dengan harga selangit. Bahkan juga batu edong pancawarna seukuran mata cincin dapat bernilai jutaan rupiah, walau sebenarnya pada saat itu type batu ini cuma dihargai 4 juta per kwintal.

Menurut narasi yang berkembang untuk dapat temukan bahan batu akik edong itu tak gampang, beberapa penambang mesti menyusuri bebukitan serta rimba lebat. Bahkan juga ada beberapa dari mereka yang lakukan ritual spesial serta sediakan sesaji di tempat penggalian supaya usahanya dapat jalan dengan lancar serta memperoleh hasil sesuai sama apa yang diinginkan. Batu edong ini memiliki sekala kisaran 7. 5 mohs pada tingkat kerasnya. Batu ini bisa pula tembus kristal waktu di beri cahaya.