Cara Merawat Jenis Batu Akik Combong Sulaiman

Cara merawat jenis batu akik Combong Sulaiman harus dilakukan dengan tepat dan juga teratur. Karena proses pengkristalan batu akik ini bisa memerlukan waktu lama. Jadi Anda harus bersabar untuk melalui prosesnya, sehingga bisa mendapatkan batu Combong Sulaiman dengan kualitas tinggi. Berikut ini beberapa langkah tepat dalam perawatannya.

Merendam  batu akik di dalam air beberapa menit. Setelah itu mengeluarkan dari dalam air dan membersihkannya memakai cairan sabun. Kemudian menggosoknya dengan perlahan menggunakan jari Anda. Untuk bagian samping yang sulit dijangkau, bisa memakai sikat gigi. Sehingga kotoran atau noda yang melekat di tepian batuk akik ini akan lebih mudah dibersihkan.

Membasuh sampai rata busa sabun agar melekat di permukaan batunya. Anda bisa meraba permukaan dengan ujung jari. Kalau masih terasa licin, bisa membasuhnya lagi dengan air. kalau sudah kesat, sebagai pertanda sabun sudah menghilang. Selanjutnya mengeringkan batu akik dengan lap kering atau memakai tisu.
Biarkan beberapa menit, sebelum digunakan atau disimpan. Tujuannya memastikan kalau batu Combong Sulaiman sudah kering dengan maksimal.

Jika akan dikenakan jangan sampai terbentur benda keras atau terjatuh dari tempat tinggi. Karena akan memunculkan goresan atau pecah. Saat sedang beraktivitas, pastikan meminimalisir paparan kotoran. Kalau ingin disimpan sebaiknya menyiapkan wadah khusus dan mencampurnya dengan benda lainnya. Untuk mencegah adanya pergesekan atau benturan. Pastikan wadah dan tempat menyimpannya memiliki sirkulasi udara yang baik dan tidak lembab.