Harga Batu Akik Yg Paling Mahal

Harga Batu Akik Yg Paling Mahal bisa mencapai puluhan miliar, tentunya tergantung dari kualitas, keindahan, manfaat dan faktor kelangkaannya. Di dunia ini terdapat ribuan batu mulia, tapi hanya berkisar 174 yang populer namanya. Sejumlah batu ditemukan di Asia Tengara, Rusia, Iran, Thailand, Myanmar, Afrika dan kawasan lainnya.  Di tanah air ada 20an jenis batu mulia yang ditemukan di berbagai daerah. 

Batu Indocrase yang memiliki warna hijau lumut dikenal berasal dari Aceh. Kawasan Dharmasraya, Sumatra Barat terkenal dengan batu Sungai Dareh. Sedangkan di Jawa juga ditemukan beragam batu akik, seperti di daerah Trenggalek, Pacitan, Wonogiri, Kebumen, Gombong, Purbalingga, Garut, Banten dan sebagainya. 

Di dunia terdapat 4 jenis batu mulia yang sangat populer dan diminati dengan harga sangat tinggi. Batu akik itu adalah Mata Kucing, Zamrud, Saphir dan Ruby. Harga yang dibanderol untuk satu butirnya mulai dari ratusan ribu mencapai miliaran rupiah.


Di Indonesia batu akik Janggus yang berasal dari Langkat, Sumatra Utara berhasil terjual dengan harga 18 miliar rupiah. Batu ini memiliki motif naga yang dimiliki oleh Muhammad Imam Hanafi yang berada di kawasan Langkat. Corak dari naga warnanya coklat moka, dengan warna yang kontras dan juga selaras dengan warna dasarnya yaitu coklat tua. Sehingga sangat terlihat jelas kaki belakang, kaki depan, ekor dan kepalanya.