Transaksi Akik di Sumatera Barat Capai Rp20 Miliar/Bulan

Melejitnya pamor batu akik, bersamaan dengan meningkatnya penghobi sekarang ini, bikin transaksi jual beli batu alam bertambah tajam.

Di Sumatera Barat, berlangsung rotasi duit dalam tiap-tiap transaksi jual beli batu akik meraih diatas Rp20 miliar per bln.. Nilai itu, belum termasuk juga jual beli batu mentah yang belum di proses.

Anton Permana, Dewan Presidium Akiak Stone Indonesian Community (ASIC) Sumatera Barat, menyampaikan tingginya nilai transaksi batu akik ditunjang oleh kelas batu yang diperdagangkan.

Nilai paling tinggi pada batu akik type bacan doko serta palamea. Setelah itu, lumuik sungai dareh, batu asli Sumatera Barat, lumuik suliki, raflesia, panca warna, solar aceh, serta aceh idocrass.

Penghitungan transaksi batu akik itu dikerjakan oleh ASIC bekerja bersama dengan mahasiswa Fakultas Ekonomi Kampus Andalas Padang.

 " Tingginya rotasi transaksi batu akik di pengaruhi oleh nilai suatu batu, ditambah jumlah pengasah batu di Sumbar yang meraih 10 ribu orang, " katanya.

Berkenaan gagasan pemerintah memungut pajak, Anton memiliki pendapat, masih tetap belum pas, lantaran masih tetap butuh dikaji lagi pada system pemungutan pajak serta regulasi pada perajin batu. (Laporan : Wahyudi Agus/asp)