Cara Merawat Jenis Batu Akik Agar Lebih Bagus

Cara merawat jenis batu akik agar lebih bagus, sebenarnya sangat sederhana. Tapi membutuhkan ketelatenan dan kesabaran, karena sekali perawatan terkadang membutuhkan waktu berjam-jam bahkan seharian. Agar batu akik selalu nampak cantik dan menarik, menerapkan cara perawatan yang tepat dan teratur sangat disarankan. Apa saja langkah perawatan yang bisa diterapkan?

-          Membersihkan batu akik dengan rutin, caranya mencuci dengan air sabun. Kemudian menggosoknya secara lembut dengan kain bersih. Lalu membasuhnya memakai air hangat dan dikeringkan menggunakan handuk halus. Kalau waktu Anda terbatas atau kurang yakin untuk bisa melakukan perawatan ini, bisa menggunakan jasa perawatan batu akik di toko penjual batu akik.
-          Sebaiknya saat akan beranjak tidur, baik akik dilepas dari jari. Karena dalam kondisi tidur, Anda tidak bisa menjaga batu akik dengan maksimal. Batu akik bisa saja terbentur benda keras yang mengakibatkan pecah, tergores atau kondisi buruk lainnya.
-          Saat akan melakukan aktivitas tertentu, seperti mandi, berolahraga, mencuci kendaraan dan sebagainya, juga sangat disarankan untuk melepas batu akik dari jari dan menyimpannya di tempat yang aman. Karena paparan zat kimia bisa membuat keindahan dan kualitas batu akik menurun.
-          Jangan mencampur batu akik di satu wadah bersama kosmetik, hairspray dan minyak wangi. Karena paparan zat kimia yang terdapat pada berbagai produk kecantikan itu bisa mengurangi pancaran sinar atau kilau alami batu akik.