Cerita awal mula batu akik jadi primadona di Indonesia

Batu akik saat ini nyaris jadi kabar berita media. Dari mulai harga nya yang selangit, sampai kolektor batu akik yang menyerbu beragam pameran, sampai menggali batu akik di beberapa tempat spesifik.

Fenomena ini jadi luar umum karena saat ini nyaris seluruhnya susunan orang-orang ganderung dengan batu mulia itu. Bahkan juga, beberapa hal tak pantas dikerjakan untuk memperoleh batu akik, umpamanya lakukan penambangan asal-asalan, atau mengambil nisan untuk di buat batu akik.

Sesungguhnya, bagaimanakah awal batu akik ini jadi sangatlah fenomenal di Indonesia? Walau sebenarnya, batu akik dengan beragam jenis type batu sudah lama dipakai oleh orang-orang Indonesia.

Konon, batu akik ini jadi semakin moncer sesudah Presiden ke enam Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghadiahkan batu akik type bacan pada Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Kabar berita juga meluas sampai pada akhirnya umum nasional serta internasional juga tahu bila SBY serta Obama keduanya sama memakai batu akik type bacan. Tetapi, SBY dalam soal ini belum pernah keluarkan statement.

Batu bacan ini berasal Pulau Bacan, Halmahera Selatan, Maluku Utara. Daerah Bacan ini memanglah di kenal dengan penghasil batu cincin. Saat sebelum jadi batu cincin, batu bacan mesti di cari yang mempunyai warna spesial. Bahkan juga, batu yang dipunyai memiliki karakter bernyawa.

Batu bacan mempunyai bermacam warna, bahkan juga suhu badan manusia dapat merubah keindahan batu bacannya.

Terkecuali SBY serta Obama, konon Sultan Hasanal Bolkiah raja Brunei juga memakai batu bacan ini.

Sesudah batu bacan populer, batu akik dari type batu-batu yang lain juga ramai diburu oleh beberapa kolektor batu akik, sampai pada akhirnya orang-orang pemula juga saat ini ikutan latah suka pada batu akik.