Cara Merawat Jenis Batu Akik Bacan Palamea


Cara merawat jenis batu akik Bacan Palamea harus diterapkan secara teratur. Sehingga membantu dalam mempercepat proses pengkristalan batu. Langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan kulit dan bisa dengan daun pisang kering atau  klaras pisang untuk digunakan sebagai alat untuk menggosokknya. Metode ini bisa dilakukan secara teratur ketika waktu senggang.

Cara perawatan lain dengan merendamnya memkaai air hujan atau menggunakan cairan isotonik sepanjang malam. Esok harinya baru diangkat dan dijemur. Penjemuran yang disarankan dilakukan pada sekitar jam 10 siang sampai jam 11 siang. Selanjutnya menggosokknya memakai kain lembut. Kemudian Anda cermati apakah ada perubahan warna setelah batu Bacan Palamea  mulai mendingin.

 Kalau belum Anda bisa melakukan perendaman ulang serta menjemurnya kembali. Tapi kali ini tidak membutuhkan waktu lama. Selanjutnya bisa mengelapnya memakai kain halus. Pada umumnya batu akik yang masih terkandung di dalamnya zat kapur, akan terlihat zat kapurnya di bagian permukaan batu Bacan Palamea tersebut.

Cara perendaman tersebut juga dilakukan guna mencairkan zat yang terdapat di dalamnya. Termasuk juga bahan kimia atau bahan minyak yang sebelumnya barangkali juga diterapkan orang lain atau pemilik sebelumnya. Sangat dibutuhkan ekstra hati-hati saat menerapkan cara perawatan ini yang tujuannya untuk mengkilapkan batu akik. Sehingga batu akik Bacan Palamea  ini terhindar dari potensi kerusakan.