Cara Merawat Jenis Batu Akik Aceh

Cara merawat jenis batu akik Aceh harus diterapkan dengan rutin, untuk menunjang kualitasnya. Nangroe Aceh Darussalam memang dikenal sebagai daerah yang memiliki berbagai batu akik berkualitas dunia. salah satu yang populer dan bernilai sangat tinggi adalah batu Giok Aceh.  Warnanya yang hijau nampak sangat menawan, sehingga banyak penggemar dan kolektor batu akik rela mengeluarkan uang banyak untuk bisa mendapatkannya.

Teknik perawatan yang bisa diterapkan dengan menggunakan air kelapa hijau. Anda bisa merendam batu akik di dalam wadah khusus yang telah diisi dengan air kelapa hijau. Dalam 1 jam sekali harus dijemur dan merendamnya kembali. Ulangi cara ini hingga batu tersebut mengalami perubahan warna. Cara perawatan ini membutuhkan proses lama, sehingga harus sabar dalam melakukannya. Perubahan signifikan biasanya akan terlihat setelah tiga bulan kemudian.

Batu Giok Aceh memiliki tingkat kekerasan dari 6 hingga 7 skala Mohs. Biasanya digunakan sebagai mata batu cincin baik kaum pria atau kaum wanita. Selain bisa melakukan perawatan dengan air kelapa hijau. 

Bisa juga dengan merendamnya di dalam air dengan pH tinggi, merendamnya di dalam air hujan, merendamnya di dalam air oksigen dan di dalam air AC. Selanjutnya diangin-anginkan saja agar batu kering atau tidak ada cairan lagi yang melekat. Sama dengan cara perawatan dengan air kelapa hijau, prosesnya harus sabar dan lama.