Cara Merawat Jenis Batu Akik Agar Cepat Mengkristal

Cara merawat jenis batu akik agar cepat mengkristal harus diterapkan secara berkala. Harga batu akik yang sudah menua atau mengkristal harganya sangat tinggi. Sehingga bagi bagi penggemar batu akik dengan dana terbatas, biasanya lebih memilih jenis batu akik muda. Seperti contoh batu Bacan muda berciri terlihat keputihan, tidak bening dan warnanya gelap. Warna putih yang terlihat dikarenakan masih menyimpang banyak zat kapur.

Bagi yang sudah mahir di dunia batu akik sangat memahami cara perawatan yang tepat untuk batu akik muda. Cara yang dilakukan dengan mengangkat zat kapurnya yang berada di dalamnya. Teknik yang diterapkan dengan merendamnya di dalam air. Anda harus meluangkan waktu cukup guna membersihkannya, memakai air yang telah dicampur bersama sabun. Batu bisa digosok dengan perlahan memakai kain lembut, sehingga terhindar dari goresan saat menggunakan kain kotor.


Anda harus menghindari batu akik agar tidak terbentur dengan benda keras. Karena bisa meninggalkan goresan. Kalau akan beranjak tidur sebaiknya batu akik dilepas dari jari dan diletakan di tempat yang kering atau mudah terkena angin. Sebaiknya tidak menyimpannya di kotak tertutup. 

Cara ini sangat dibutuhkan agar batu akik berproses dengan alami untuk mengkristal. Supaya terlihat selalu berkilau, batu akik bisa sering diolesi baby oil atau minyak zaitun. Kain kering juga bisa digunakan untuk mengusapnya.