Harga Batu Akik Zamrud Cikotok

Harga Batu Akik Zamrud Cikotok hingga puluhan jutaan rupiah. Untuk kualitas terbaik, batu Zamrud Cikotok telah memperoleh sertifikat dari luar negeri. Kalau diperiksa memakai kaca pembesar hingga 10 kali lipat, akan terlihat keberadaan inklusi berupa gelembung udara berukuran kecil.  Keunikan ini tentunya menjadikan keistimewaan dari batu akik ini. Mang Okim dikenal sebagai seseorang yang menjumpai keunikan batu Zamrud itu.

Dia kemudian pada tahun 1995 silam berangkat ke Cikotok bersamaan dengan 30 Rotarian. Disana dia mendatangi instalasi pengolahan emas dan dia menemukan sejumlah bebatuan dengan warna hijau transparan. Batu itu tercampur di dalam tanah. Lalu dia mengumpulkan sejumlah butirnya dengan ukuran setingkat lebih besar dari kelereng.

Berdasarkan teknisi dari instalasi pengolahan emas itu, batuan mirip Zamrud itu adalah sisa dari peleburan atau pembakaran emas. Kemudian Mang Okim mengumpulkan batu itu dan membawanya ke Bandung untuk diproses menjadi batu akik yang menawan. Kemudian batu hasil buatannya itu dikenal sebagai batu Zamrud Cikotok.


Dalam membeli batu akik memang sangat membutuhkan ketelitian. Berbagai alat mungkin dibutuhkan untuk pengujian keasliannya, seperti senter, kaca pembesar dan tentunya akan lebih akurat setelah melewati fase pemeriksaan di laboratorium bebatuan.  Sayangnya keberadaan laboratorium itu tidak mudah ditemukan di semua kawasan di Indonesia. Oleh karenanya dibutuhkan berbagai peralatan dan pengetahuan yang mudah diaplikasikan.