Batu Akik Terbaik di Indonesia Ada Disini

Batu Akik Terbaik di Indonesia Ada Disini- Tak dapat dipungkiri lagi jika batu akik saat ini telah menjadi salah satu jenis perhiasan dan aksesoris yang kian jadi primadona. Kepopuleran batu akik saat ini pun seakan sudah tak terbatas lagi baik oleh usia maupun gender. Tua, muda, pria maupun wanita kini telah kepincut dan menjadi penggemar setianya.

Masyarakat penggila batu akik berbondong-bondong mendatangi kota-kota di Indonesia yang memiki potensi jenis batu akik terbaik di Indonesia.
Berikut kota-kota penghasil batu akik terbaik di Indonesia:

1. Pulau Kasiruta (Maluku Utara)

Salah satu jenis batu akik yang paling banyak digandrungi para kolektor saat ini adalah batu bacan. Namun dari mana asal batu ini? Banyak orang salah mengartikan bahwa batu mulia ini berasal dari Pulau Bacan, padahal sebenarnya pulau penghasil batu bacan adalah pulau Kasiruta, Maluku Utara. Penasbihan nama batu bacan sendiri diawali dari tempat pertama kali batu jenis ini diperjualbelikan yaitu di pulau Bacan.

2. Pacitan (Jawa Timur)

Penemuan batu mulia jenis kalsedon membuat Kabupaten Pacitan yang berada di ujung barat Jawa Timur ini menyedot wisatawan datang. Batu kalsedon sebenarnya banyak dihasilkan di Jawa Barat dan Sulawesi Tenggara, namun penemuan batu jenis ini di Pacitan sempat menghebohkan karena kualitasnya yang dianggap sangat baik.

Batu jenis ini memiliki berbagai warna mulai dari merah, kuning, biru, hingga jingga, tapi yang utama ialah hijau. Di Pacitan sendiri batu kalsedon paling banyak ditemukan berwarna putih sampai abu-abu, biru-keabu-abuan dan coklat terang sampai coklat gelap.

3. Solok Selatan (Sumatera Barat)

Wilayah Sumatera Barat memang terkenal sebagai penghasil batu berkualitas. Salah satunya, Batu Idocrase Sungai Dareh. Jenis batu permata yang kini mendunia itu datang dari lokasi terpencil di Nagari Pasir Talang, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan.

Batu Idocrase Sungai Dareh memiliki ciri berwarna hijau terang dengan motif totol lumut di dalam batunya. Ketenaran batu asli Sumatera Barat ini kian memuncak tatkala tersiar kabar bahwa batu tersebut juga dikenakan oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

4. Tanjung Bintang (Lampung Selatan)

Batu akik bungur Tanjung Bintang merupakan salah satu batu mulia yang paling banyak diburu oleh para kolektor. Kabarnya batu bungur di salah satu kabupaten Lampung Selatan ini memiliki kualitas nomor satu di dunia. Ciri khas batu akik bungur Tanjung Bintang adalah warnanya yang ungu bening maka tak jarang batu akik ini disebut juga dengan Kecubung Bungur.


5. Kebumen (Jawa Tengah)

Kebumen merupakan daerah penghasil batu akik badar besi terbaik di Indonesia. Batu akik badar besi yang memiliki kandungan besi sehingga bisa menempel pada magnet jika didekatkan. Bahkan beberapa kasus batu ini mengandung magnet yang dapat menarik besi. Jenis batu akik ini menjadi salah satu yang paling banyak diburu para kolektor.

6. Wonogiri (Jawa Tengah )

Fire Opal atau Opal Api yang merupakan jenis batu permata yang unik dan kini mulai langka. Batu tersebut berasal dari desa Giriwoyo, Wonogiri ini merupakan salah satu batu langka yang paling diburu oleh para kolektor. Bentuknya hampir mirip dengan kalimaya teh yang berwarna kekuningan, akan tetapi opal api memiliki warna yang lebih tua dengan pendaran warna menyerupai api yang terlihat sangat bagus.

7. Garut

Merupakan salah satu batu akik lokal yang pada saat ini namanya tengah menanjak dipasaran batu akik Indonesia. Pancawarna Edong diambil dari nama penemunya yaitu Aki Edong yang berasal dari Garut. Saking melegendanya batu akik asli Garut ini bahkan namanya hingga terkenal ke berbagai negara, bahkan konon pernah dipakai oleh salah satu bangsawan dari Inggris. Keindahan dari batu akik Edong terletak pada motif yang terdapat pada batu tersebut. Warnanya lebih beragam dan lebih muncul ke permukaan yang membuat efek visual batu yang tampak lebih tebal dan dalam.

8. Purbalingga
Batu pancawarna klawing merupakan batu jenis Jasper (merah hati) yang juga dikenal dengan nama "Nogo Sui" oleh masyarakat Purbalingga. Namun dikarenakan batu ini banyak terdapat di sepanjang sungai Gintung dan sungai Kerawang yang bermuara ke sungai Klawing maka banyak orang yang kemudian memberinya nama batu pancawarna Klawing. Kualitas dari batu klawing terlihat dari corak atau inklusi dengan komposisi warna hijau 60% dan merah 40%.
 
Demikian informasi tentang Batu Akik Terbaik di Indonesia Ada Disini. Semoga informasi ini bisa memberi manfaat bagi anda semua.