Harga Akik Lavender yang Menawan Bikin Warga Tetap Bongkar Gunung Bapang

Akik lavender dari lokasi Gunung Bapang, Sukoharjo saat ini tengah diburu. Tidak heran banyak warga yang datang serta main bongkar lokasi hijau itu. Warga seakan tidak perduli rusaknya lingkungan, harga lavender yang merangkak naik jadi argumen.

Menurut seseorang penambang Wanto, Senin (30/3/2015), konsumen datang sendiri hampiri mereka. Jadi Wanto serta kawan-kawannya tidak butuh sulit untuk memasarkannya.

Beberapa konsumen akan tiba ke kampung mereka. Harga nya cukup murah untuk ukuran batu mulia. Bongkahan batu seukuran 10 kg bahan batu lavender 'hanya' di jual Rp 750 ribu, ukuran 30 kg di jual Rp 1, 5 juta. Sedang bongkahan besar seberat 1 kuintal 'hanya' di jual Rp 5 juta.

 " Selalu menambang sepanjang masih tetap ada yang beli. Tak ada permasalahan dengan warga seputar lantaran kami juga warga sini. Penambangan juga dikerjakan di tempat yang tak ada tanamannya, karenanya tempat bebatuan, " lanjut Wanto.

Pendapat sama juga di sampaikan oleh Wagimin. Menurut dia penambangan batu itu oleh warga itu bakal menaikkan pendapatan warga setempat. Dia juga meyakini walau penambangan selalu dikerjakan ke sisi yang lebih luas serta dalam tetapi penambang telah mempertimbangan kemungkinan kerja serta akan tidak mengakibatkan kerusakan lingkungan.