Tren Batu Akik Ciderai Lingkungan, Pemda Diimbau Seleksi Izin Tambang

Trend batu akik tengah kembali booming. Tidak cuma di Indonesia. negara-negara tetangga seperti Taiwan serta Korea nyatanya juga suka pada batu akik dengan type bacan.
“Kenapa booming? Saat ini itu orang-orang luar negeri tertarik dengan batu Indonesia. Taiwan. Korea itu sangatlah suka pada batu akik bacan. ” jelas Menteri Koperasi serta UKM. AAGN Puspayoga. didapati di kantor Kemenko Perekonomian. Jakarta Pusat. Selasa (3/3/2015).
Tetapi. kata dia. lantaran telah banyak pihak yang tertarik dengan batu akik yang disebut product tambang. dianya mengimbau supaya pemerintah terutama pemerintah daerah supaya tak berikan sembarang izin tambang pada.
Putra Bali ini tidak mau bila nanti trend batu yang tengah diganderungi ini jadi menyebabkan mengakibatkan kerusakan lingkungan lantaran eksploitasi tempat tambang. Walau dianya mengerti. batu akik telah jadi warisan budaya bertahun-tahun silam.
“Pemda mesti hati-hati dalam beri izin tambang agar lingkungan tidak rusak. Saya telah ke Pemda garut tempo hari. minta tolong janganlah samapi lingkungan rusak. ” katanya.
Selanjutnya. Puspayoga menyampaikan supaya warisan budaya ini tak mati. serta tak menciderai lingkungan dianya berasumsi hal semacam ini butuh dikoordinasikan antar kementerian berkenaan.
“Kalau di ambil selalu (hasil tambangnya) kan dapat rusak. Tetapi. memanglah trend itu tidak bisa dibendung lantaran sisi dari ekonomi kerakyatan. Kan bangga juga kita gunakan batu alam kita sendiri. ” tukasnya.