Beri SBY 10 Batu Akik, Ini harapan Perajin di Pacitan

Parjianto, 46 th., salah satu perajin batu alam di Desa Wareng, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, berikan cendera mata pada Presiden Indonesia periode 2004- 2014 Susilo Bambang Yudhoyono berbentuk cincin akik. “Ada 30 buah yang kami titipkan ke pemda (pemerintah daerah), Senin lantas untuk diserahkan pada beliau (SBY), ” kata Parjianto, Kamis, 12 Maret 2015. 

Beberapa puluh batu akik yang dititipkan ke Pemerintah Kabupaten Pacitan itu, kata Parjianto, berjenis kalsedon, jesper, serta agate beragam warna, seperti merah, kuning, serta putih. “Kualitasnya mulai yang paling buruk sampai paling bagus. Saya tak menyiapkan spesial, (akik) yang telah jadi kami kirim ke pemda, ” tutur Parjianto. 



Dengan memberi cinderamata pada SBY, Parjianto mengharapkan supaya potensi Pacitan ihwal batu akik makin terkenal. Hingga penjualan komoditas yang sekarang ini tengah booming semakin bertambah. Terlebih, perajinnya juga jadi tambah dari 125 jadi 320 orang yang menebar di 12 lokasi kecamatan. Walau sebenarnya dua th. lantas cuma diminati oleh warga Kecamatan Donorojo serta Punung. 

Bupati Pacitan Indartato, menyampaikan dari 30 cincin akik yang dititipkan Parjianto cuma 10 buah yang diserahkan ke SBY. Karena mutunya dinilai dibagus dibanding 20 akik yang lain. “Kami sortir dahulu, lantaran ini untuk koleksi beliau (SBY). Mungkin saja waktu beliau ke luar negeri bakal dibawa hingga batu akik Pacitan dapat lebih di kenal, ” katanya. 

Indartato menyebutkan selalu tingkatkan potensi industri batu akik. Mulai sejak sekian waktu paling akhir, Pemerintah Pacitan sudah lakukan kursus pada beberapa perajin untuk memotong, membuat, serta memoles batu alam. “Pak SBY juga berpesan supaya industri batu akik selalu di kembangkan. Dengan tingkatkan ketrampilan perajin serta buka pasar lebih luas, ” kata dia. 

SBY bertandang ke Pacitan sepanjang tiga hari mulai Selasa, 10 Maret sampai Kamis, 12 Maret. Pada Rabu pagi tempo hari, SBY, Ibu Ani Yudhoyono, serta Edhie baskoro Yudhoyono memborong batu akik yang dipamerkan di pendapa Pemerintah Kabupaten Pacitan. Tak kurang dari 28 buah perhiasan yang tengah booming itu dibeli dari beberapa perajin yang buka lapak disana. 

Terkecuali berbentuk cincin, batu alam yang dibeli SBY serta keluarganya berupa kalung, liontin, serta bros. Berdasar pada info dari beberapa perajin, type batu yang terjual itu sebagian besar berjenis kalsedon. Karena, batu type itu banyak diketemukan di Pacitan.