Jenis Batu Akik asal Baturaja Tersohor di Pulau Jawa

Batu akik datang dari Kota Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, seperti spritus, merah darah, sankis, solar, serta lavender nyatanya jadi tersohor di Pulau Jawa, lantaran sukses memenangkan beberapa kontes batu akik bergengsi.

Yandri (29), salah seseorang kolektor batu akik terkenal di Baturaja, Minggu (1/3), mengakui sudah sukses memenangkan beberapa kontes batu akik di Pulau Jawa, satu diantaranya kontes diselenggarakan di Mangga Dua, Jakarta awal minggu lantas, bahkan juga batu kebanggaan warga Sumsel itu sukses mencapai juara pertama.

 " Alhamdulillah batu spritus biru mizone kami dapat memenangkan kontes di Mangga Dua. Dalam kontes batu akik itu juga kita sukses menyabet juara 1, 2, 3, serta 4, " katanya.

Bahkan juga, lanjut Yandri, batu spritus biru mizone kepunyaannya pernah ditawar beberapa kolektor batu akik dengan harga yang sangatlah fantastis.

 " Batu batu kami ini bahkan juga pernah banyak ditawar dari beberapa kolektor, ada yang menawar Rp 150 juta sampai Rp 450 juta. Namun belum kami terlepas, mungkin saja harga nya belum pas, " katanya.

Yandri menjelaskan, bila sekarang ini batu spritus biru mizone itu telah sangatlah susah di cari di daerah aslinya yaitu Baturaja, hal semacam itu juga yang mengakibatkan harga batu akik itu di bandrol cukup mahal di market.

 " Bila batu spritus biru mizone ini banyak yang belum tahu serta memanglah dari dahulu harga nya telah mahal. Diluar itu, batu ini dapat sulit didapat lantaran telah alami kelangkaan, " katanya.

Ia memberikan, kurun waktu dekat batu spritus biru mizone kepunyaannya bakal diikutsertakan dalam Grandprix Best of the Best di Jakarta.

 " Batu kita nanti turut dalam grandprix di Jakarta, namun belum tahu kapan lantaran masih tetap menanti beberapa juara di daerah yang lain terlebih dulu. Untuk sesaat ini kita bakal ikuti kontes batu akik yang bakal di gelar di Kota Bandung terlebih dulu, " katanya.