Metode Perawatan Batu Spirtus Baturaja

Metode Perawatan Batu Spirtus Baturaja- Batu Spirtus merupakan Akik Chalcedony istimewa yang berwarna biru seperti warna cairan spirtus , memiliki Ciri khas daging halus dan serat Kura atau Awan yang Khas. Batu ini berasal dari Daerah Baturaja-Sumatra selatan yang dahulu dikenal sebagai akik Kecubung Kasihan.

Sejak beberapa tahun terkahir ini, batu spirtus Baturaja memang sudah mendunia sehingga tidak sedikit kolektor luar yang berburu langsung di lokasi penambangan. Namun cara itu pun tidak mudah karena untuk mendapatkan batu tersebut seorang kolektor harus melakukan penggalian dengan cara menyewa lahan milik warga setempat, hal itu juga bukan jaminan untuk bisa mendapatkan batu seperti diinginkan bahkan bisa tidak menemukan apa-apa selain batu biasa.

Batu yang berasal dari sungai ogan atau desa simpang empat dan desa segara kembang ini, merupakan salah satu batu akik kebanggaan masyarakat Kota Baturaja Sumatera Selatan. Dimana batu akik yang merupakan bagian dari Blue Chalcedony ini memiliki kekerasan hingga 7 skala mohs. Merawat batu akik sangat perlu kita lakukan agar batu koleksi yang kita miliki semakin tampak cantik dan menarik

Berikut ini adalah cara mengkilapkan dan merawat batu akik biru langit.

1. Batu akik sangat perlu di jaga kebersihannya selalu, cukup gunakan cairan pembersih ringan seperti air sabun untuk kebersihan rutin dan berkalanya.

2. Untuk membuat warnanya semakin menarik kita bisa oleskna minyak zaitun atau baby oil.

3. Untuk membantu semakin mengkilapkan, kita bisa menggosoknya dengan kertas serbuk intan atau dengan bahan dasar kulit.

4. Jika cincin batu akik biru langit kita sedang tidak di gunakan, jangan menaruhnya berdekatan dengan bahan kosmetik karena kandungan bahan kimianya bisa merusak batu cincin.

Yang perlu diingat meski jenis batu akik yang kita miliki cukup baik dan mahal, tetapi bila tidak di rawat dengan baik, akan membuat warna batu akik bisa berubah sehingga nilai jualnya menjadi turun.

Demikianlah ulasan singkat tentang Metode Perawatan Batu Spirtus Baturaja. Perawatan yang baik tentu akan menjaga kualitas batu yang anda miliki selalu terjaga, sehingga nilai batu akiknya semakin tinggi.