Tambang Batu Akik Lavender di Sukoharjo Gegerkan Dunia Maya

Tambang batu akik Lavender di Sukoharjo hebohkan beberapa penggemar batu akik. Pasca diketemukan, polisi segera tutup ruang tambang batu akik itu lantaran tempat itu disebutkan membahayakan keselamatan penambang. Terutama, ladang batu akik itu ada di lereng Gunung Bapang yang tingkat kecuramannya sangatlah ekstrim.

Tidak cuma membahayakan penambang, di lokasi itu juga adalah daerah riskan longsor. Hal itu pasti meneror keselamatan orang-orang seputar. Tempat tambang batu akik lavender itu tepatnya ada di Dukuh Ngemplak, Kedungsono, Bulu, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Menurut AKBP Andy Rifai sebagai Kapolres Sukoharjo, penutupan itu dilakuan sesudah lakukan koordinasi dengan pemerintah daerah. Andy katakan, “Pihak kepolisian telah lakukan teliti tempat, serta bekerjasama dengan pemerintah setempat, bahwa ruang itu sangatlah beresiko untuk keselamatan orang-orang seputar. Jadi untuk menghadapi, kita segera menempatkan garis polisi, ” Kamis (26/03/2015).

Andy juga memberikan, polisi selalu tingkatkan keamanan di tempat itu untuk menghimbau beberapa penambang yang mulai berdatangan di tempat itu.

Berdasar pada info yang didapat, dalam 1 minggu paling akhir telah beberapa puluh penambang telah mulai berdatangan ke Gunung Bapang untuk lakukan penambangan. Menurut sumber, tambang batu akik Lavender itu pertama kali diketemukan oleh warga yang akan mencari pakan ternak. Sejak berita penemuan ladang batu akik Lavender itu menebar, banyak warga luar daerah berdatangan untuk mencari batu mulia itu.