Tips dan cara memilih batu akik, batu mulia dan batu cincin berkualitas baik dan bagus

Memilih batu akik berkwalitas memanglah gampang-gampang sulit, seluruhnya bergantung dari seberapa cermat serta pandai Anda dalam menyeleksi suatu batu mulia.

Batu mulia, akik maupun batu cincin umumnya mempunyai ukuran yg tidak besar, oleh karenanya pasti pilih batu akik memerlukan kejelian dan ketelitian dalam lihat batu dengan cara mendetail.

Batu yang mempunyai kwalitas super terlebih dengan rupa yang telah kristal (seperti basah serta berair) biasanya memanglah di bandrol dengan harga yang cukup mahal, bahkan juga sebagian di antara beberapa jenis batu akik spesifik dapat dihargai sampai beberapa ratus juta rupiah.

Dalam beli batu cincin untuk pemula, dianjurkan baiknya beli yang telah jadi saja daripada beli batu yang masih tetap bahan (rough) untuk hindari beberapa hal yg tidak di idamkan di masa datang. Kemungkinan terbesarnya yaitu bahan itu mungkin hancur waktu di sistem atau pemotongan yang tidak cocok (simetris) ketika pembentukan hingga penampilannya bakal tampak kurang optimal dan seimbang.

Walau dengan beli batu yang telah jadi bakal kurangi kemungkinan waktu pilih serta langkah membedakan batu akik/batu mulia asli serta batu akik/batu mulia palsu, tetapi ada beberapa hal lain yang sepatutnya dapat jadi sejenis parameter atau ukuran waktu beli batu yang telah jadi. Apa sajakah yang butuh di perhatikan?. Tersebut disini langkah pilih batu akik, batu mulia serta batu cincin berkwalitas baik yang bisa Anda kerjakan, ditambah lagi bila Anda belanja dengan cara on-line lewat internet

Ada 4 tips basic dalam pilih mana batu akik berkwalitas serta mana batu akik yg tidak berkwalitas, yakni dengan 4 C (Color, Clarity, Cut serta Carat). 4 perihal ini pula yang bisa jadi basic ketika Anda pilih suatu batu.

Color
 " C " yang pertama yaitu Color atau warna. Yakinkan batu akik mempunyai warna yang tajam serta menarik (eye-catching). Makin tajam kedalaman warnanya, jadi kwalitas batu itu makin baik.

Clarity
 " C " yang ke-2 yaitu Clarity atau tingkat kejernihan/kecerahan batu. Yakinkan bila batu akik mempunyai warna yang jernih, tembus sinar (sebagian type batu) serta mempunyai struktur mengkilap seperti kristal. Walau dengan tingkat kejernihan yang tinggi, tak ada batu asli yang dapat mulus serta prima 100%. Batu akik asli bakal senantiasa mempunyai inklusi atau ketidaksempurnaan yang disebut pola alami dari batu akik walau cuma berbentuk titik.

Cut
 " C " yang ketiga yaitu Cut atau bentuk potongan batu. Cermati bentuk potongan batu akik dengan cara cermat baik dari tingkat presisi ukuran ataupun type potongannya. Carilah bentuk dengan potongan yang simetris baik tinggi, panjang ataupun lebarnya. Sebagian batu bisa mempunyai pakemnya sendiri dalam soal bentuk, umpamanya batu bacan yang condong mempunyai pola jenis potongan yang disenangi pria yakni dengan pola oval cabochon yang condong tidak tipis manfaat mengoptimalkan keindahannya. Diamond atau berlian yang mempunyai potongan brilliant cut sebagai bentuk standard berlian supaya bisa mempunyai kemilau.

Carat
 " C " yang ke empat yaitu Carat atau ukuran berat (volume). Saat sebelum beli batu akik, baiknya Anda juga memerhatikan keselarasan beratnya. Sebagian batu seperti bacan atau chalcedony memanglah condong lebih berat lantaran mempunyai material berbentuk logam (ferium) yang ada didalamnya. Cara ini dapat dapat meminimalkan Anda dari kemungkinan memperoleh batu akik yang palsu (terbuat dari kaca) karena material batu buatan juga bakal tambah lebih enteng dari pada batu.

Sekianlah sebagian tips langkah pilih batu akik, batu mulia serta batu cincin yang berkwalitas. Batu akik memanglah tengah jadi tren sekarang ini. Terkecuali keindahan yang terdapat di dalam batu akik, beberapa orang juga yakin pada faedah serta manfaat batu akik/batu mulia yang sehubungan dengan nilai estetis dan pengaruhnya pada psikologi seorang.