Metode Perawatan Batu Alexandrite

Metode Perawatan Batu Alexandrite- Batu Alexandrite sendiri diketahui masuk pada jenis batu permata chrysoberyl yang diketahui memiliki tingkat kekerasan yang sangat baik yaitu mencapai angka 8.5 pada skala mohs, dan batu ini terkenal karena memiliki cirikhas warna yang dapat berubah-ubah layaknya sebuah binatang bunglon saat terkena cahaya.

Dan di beberapa kasus, terdapat juga jenis batu Alexandrite yang benar-benar terhitung sangat langka yaitu batu Alexandrite yang juga memiliki efek mata kucing atau cat’s eye, jenis batu permata tersebut merupakan salah satu jenis yang sangat lengka dan mungkin dapat dikatakan sulit untuk ditemukan.

Warna dari batu alexandrite ini dapat berubah-ubah tergantung waktunya, jika di siang hari batu ini berwarna hijau sedangkan kalau di malam hari terutama jika disoroti lampu maka warnanya akan menjadi merah keungu-unguan atau merah darah. Ini disebabkan batu ini memang pleochroisme.

Suatu hal yang sangat menarik dari batu permata Alexandrite dapat berubah warna, Dalam cahaya siang hari yang terlihat hijau atau hijau kebiruan, bagaimanapun, lampu pijar mengubah warna menjadi orange ke merahan, atau ungu-merah. Sensasi optik dan kelangkaannya membuat batu permata ini sangat sulit untuk menemukan ukuran yang lebih besar dari 5 karat. Biasanya Batu permata Alexandrite diantara 2 karat atau kurang.

Dalam merawat batu tersebut agar kilaunya bisa sempurna dibutuhkan dua cara

Pertama, Memolesnya dengan kertas intan, kulit agar lebih berkilau dan bening.

Kedua, Mengoles permukaan batu dengan minyak baby oil agar warnanya lebih hidup dan tidak pudar.

Harga jual batu Alexandrite lumayanan mahal bila mirip sekali dengan mata kucing yang asli.

Demikian ulasan mengenai Metode Perawatan Batu Alexandrite, semoga informasi ini berguna bagi anda yang ingin melakukan perawatan Batu permata kesayangan anda.