HARGA BATU AKIK KALIMAYA BANTEN

Batu kalimaya atau juga di kenal dengan batu opal adalah batu permata yang mempunyai karakter optic yg unik lantaran batu ini dapat menghadirkan warna pelangi yang selalu beralih bergantung pada sudUut

Salah satu lokasi di pulau Jawa sisi barat tepatnya propinsi Banten, yaitu lokasi penghasil batu Opal yang sangatlah indah. Batu gemerlap cantik ini lebih populer dengan sebutan Kalimaya Banten. Batu kalimaya ini ditambang di Kabupaten Lebak, Banten.
sampai saat ini, batu opal asal banten ini adalah opal paling baik didunia lantaran mempunyai bermacam warna yang bagus dibanding opal dari lokasi tambang Australia, afrika, atau Amerika Latin.
Spoilerfor daerah tambang kalimaya :

Batu kalimaya asal Lebak mempunyai kelebihan dibanding dari negara lain didunia. Karena, keunggulan batu kalimaya Lebak, terkecuali warna tak menghilang, juga sangatlah memesona bila lihat bermacam warna, seperti hitam, coklat, kuning, ungu, serta biru dengan warna pelangi.
Kalimaya Banten mempunyai type warna, salah satunya, kalimaya putih, kristal hijau, kristal pelangi, teh serta kopi, pelangi, dan kristal susu.
Seluruhnya type warna kalimaya mempunyai daya tarik sendiri, juga pancaran warna pelangi bisa berubah-ubah. Tersebut keunggulan permata asal Lebak.

Penghasil batu kalimaya di Kabupaten Lebak menyebar di Kecamatan Maja, Sajira, serta Cimarga lantaran daerah itu ada urat tambang kalimaya.
untuk memperoleh batu permata itu dikerjakan dengan eksploitasi dengan cara tradisional, yaitu menggali lubang ke bawah tanah sampai beberapa puluh km.. menurut penambang setempat, Bila ada batu kalimaya dibawah tanah, jadi bakal tampak pancaran cahaya.
Batu Opal Kalimaya dari Banten adalah salah satu type batu mulia yang paling banyak di cari. Harga opal Banten relatif lebih mahal daripada opal Afrika serta Australia. Hal semacam ini mungkin saja karena belum terexploitasinya sumber-sumber deposit batu mulia opal di Banten atau memanglah deposit opal Banten yang terbatas.

Pasar batu mulia di Indonesia mulai th. 2008 di bom batu opal dari Afrika dengan harga lumayan terjangkau. Walau demikian, bila bisa di perbandingkan dari sisi warna serta keindahan opal Banten tambah lebih cantik serta menawan.

Beberapa pedagang batu kalimaya di Rangkas Bitung mengakui bahwa sekarang ini keinginan pada batu kalimaya cukup tinggi hingga banyak pengunjung yang datang dapat transaksi sampai beberapa puluh juta rupiah. Menurut salah satu pedangang, ia mengakui pernah jual batu kalimaya yang telah berkembang warnanya seharga 40 juta rupiah, fantastis!

Untuk calon kolektor janganlah salah dengan batu yang namanya Dublet atau Dablet, lantaran Dablet ini yaitu batu sintetis, yang serupa dengan batu kalimaya. Bedanya jika Dublet condong warna dasarnya yaitu gelap (umumnya coklat) serta warna-warninya sangatlah mencolok. Ini karena ada dampak pewarnaan buatan. Searah dengan kelasnya, tak susah mencari batu Kalimaya ini. Namun apabila mencari yang betul-betul berkwalitas dari segi karat dng kebeningannya, customer mesti ikhlas berburu di pusat perdagangan batu akik Rawa Bening (jatinegara) dengan sabar. Salah-salah jadi kepleset beli Batu Dublet tadi.


Batu Opal membutuhkan perawatan serta perhatian spesial tak seperti batu mulia yang lain. Batu yang satu ini gampang sekali pecah jika tak hati-hati dalam memakainya. Kekerasan batu opal cuma seputar 5 - 6 taraf moh. Seputar 5 - 6 % sisi dari batu opal yaitu air yang meresap kedalam lubang-lubang mikroskopiknya. Dalam situasi kering sekali batu opal bisa retak serta pecah dengan sendirinya. Oleh karenanya, batu ini kadang waktu mesti dibasahi dengan air atau baby oil.

Disamping keindahannya, kalimaya tak jauh dari manfaat serta mitosnya. Opal dipakai untuk lihat posibilitas, menolong seorang mempunyai kemampuan untuk sharing rasa cinta serta tingkatkan stabilitas psikis. Orang Arab yakin bahwa opal jatuh dari surga waktu banyak petir, dari situ Opal memperoleh warnanya yang berapi. Zaman dahulu Opal dikira juga sebagai simbol kejujuran serta yakin diri. Opal sangatlah kuat pengaruhnya dalam ritual sihir. Lantaran Opal bermutu memiliki kandungan seluruhnya warna dari batu kelahiran lain, bisa dipakai atau berisi daya dan kemampuan dari gabungan seluruhnya batu kelahiran, juga dipakai untuk menukar batu kelahiran lain di dalam menyebutkan mantra, ritual atau kepentingan lain dari kemampuan sihir. Kerap dikaitkan dengan alam maya serta penonjolan astral, juga dipakai untuk memanggil kembali kehidupan waktu lalu (setiap warna mewakili suatu kehidupan dari saat lantas).

Opal mempunyai kekuatan untuk pengobatan, terlebih tingkatkan kemampuan mental seperti imajinasi yang kreatif, kemampuan pikiran lain yang belum dipakai sampai kini. Dari sisi kesehatan Opal diakui bisa menolong sistem asimilasi protein. Fire Opal kerap dipakai di dalam aktivitas pengumpulan dana untuk yang memerlukan, umum dikenakan juga sebagai liontin dengan kalung emas yang dikelilingi 10-12 Diamond, diakui memiliki kemampuan untuk menghimpun duit yang hebat.

Opal Hitam yaitu alat pilihan tukang sihir/sulap, dipakai untuk tingkatkan penerimaan pada sulap/sihir mereka serta menonjolkan kemampuan mereka. Opal Hitam yang dikenakan dekat jantung juga sebagai kalung serta terbuat dari emas disebutkan bisa mengusir setan, membuat perlindungan orang dari mata setan, membuat perlindungan pengembara dalam perjalanan menuju tempat yang jauh. Opal juga sudah dipakai juga sebagai ramuan ajaib untuk mengobati badan, mengusir mimpi jelek serta juga sebagai alat untuk tingkatkan daya. Opal Putih bila dipakai pada ritual sewaktu malam bln. purnama, disebutkan membawa kemampuan dari Dewi Bln. untuk tercapainya harapan untuk orang yang melakukannya.

Opal sangatlah dihargai pada era pertengahan, dikatakan sebagai ophthalmios atau Batu Mata, karena keyakinan yang luas bahwa Opal berguna untuk indra pengelihatan serta mengobati penyakit mata. Wanita berrambut pirang menggunakan kalung Opal membuat perlindungan dari hilangnya warna rambut mereka. Sedang Opal Hitam dihargai juga sebagai batu yang sangatlah membawa keberuntungan dalam beraktivitas kehidupan.