Profesor Unhas: Batu Tondong Terbaik di Dunia

Batu akik Tondongtallasa jadi batu andalan Kabupaten Pangkep dalam beberapa kontes gemstone. Beragam kemenangan juga sudah ditorehkan batu-batu permata asal Pangkep itu. 

Menurut peneliti batu Kampus Hasanuddin (Unhas), Prof Kaharuddin, batu-batu di Pangkep sangatlah berkwalitas serta dapat kata paling baik serta terlengkap didunia. Nyaris 1. 000 type batu yang ada didunia ada di Kecamtan Tondong. “Memang seluruhnya type batu ada di Tondongtallasa, namun satu yang perlu di ketahui, tak seluruhnya batu Tondong dipunyai daerah lain. Misalnya batu pasir emas Tondong yang cuma dapat didapati di Pangkep, ” katanya dalam workshop pameran batu akik di gedung Islamic Centre Pangkep, Minggu 29 Maret. 

Argumen dia mengatakan batu di Tondong itu paling komplit berdasar pada hasil penelitiannya 1980 lantas. Saat itu dia temukan nyaris semua type batuan ada disana. “Orang katakan batu bacan cuma ada di Pulau Bacan. Itu salah di Pangkep ada pula batu sejenis bacan yang tak ada bedanya dengan batu di Pulau Bacan. Batu itu tak dapat disebut batu bacan lantaran berasal di Tondong, ”