HARGA BATU AKIK ANGGUR LAVENDER BATU RAJA

Untuk pencinta batu permata atau beberapa kolektor, Type batu anggur ini termasuk juga salah satu type batu mulia yang tengah jadi buruan serta banyak diminati

Type batu akik lavender serta spirtus yaitu type batu akik khas batu raja, tetapi untuk memperoleh batu berkwalitas tak gampang butuh lakukan penggalian dengan kedalaman spesifik.

Seperti disampikan Ketua Komune Batu Akik Kabupaten OKU (Ogan Komering Ulu) Sumatera Selatan, Hendra Setiawan,

Tiap-tiap kolektor yang mau memperoleh batu akik type spritus serta lavender, jadi harus beli tempat dahulu dengan warga lokal, setelah itu mengupah penggali.

“Warga lokal sesungguhnya juga ada yang jual beragam type batu, tetapi mutunya kurang bagus, lantaran umumnya batu di jual itu telah disortir terlebih dulu serta jikalau ada harga nya tak sesuai sama kwalitas barang, ” tuturnya.

Sekarang ini di dua desa itu kesibukan penggalian batu akik telah mulai banyak, bahkan juga ibu-ibu juga ada yang ikutan hoby mencari batu akik.

Tentang kehadiran beberapa kolektor batu akik di Baturaja, ibukota Kabupaten OKU, menurut Hendra, utusan daerah itu pernah mewakili Sumatera Selatan ikuti kontes batu akik tingkat nasional di Jakarta sekian waktu lalu serta sukses jadi juara pertama.

“Batu akik yang menang kontes yaitu type biru langit atau yang di kenal batu spritus, ” kata Ketua Komune Batu Akik Baturaja itu.

Dikatakannya, pada kontes itu batu akik type spritus asal Baturaja punya kolektor dari Jakarta, Jefri Davidson jadi juara pertama menaklukkan batu akik dari kolektor daerah yang lain.

Bahkan juga kata Hendra, waktu dilelang batu spritus itu di bandrol dengan harga pada Rp150 juta-Rp175 juta, tetapi si kolektornya belum ingin menjualnya.

Ia memberikan, OKU sendiri sampai kini banyak mempunyai potensi kekayaan alam berbentuk batu akik yang mutunya jempolan, seperti spritus atau biru langit, lavender, sangkis, akik darah, sulaiman, teratai, aren, tapak jalak, cempaka, lumut hijau, lumut merah serta giok.

Cuma saja, sampai kini baru segelintir orang saja yang memakai potensi kekayaan alam itu, tuturnya.